10 Pabrikan Mobil Listrik dengan Penjualan Terlaris Di Dunia 2021

Article Header Image

10 Pabrikan Mobil Listrik dengan Penjualan Terlaris Di Dunia 2021

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Geliat mobil listrik di dunia memang sudah mulai dapat dirasakan terutama di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika Serikat, dan China. Dengan minat dari masyarakatnya yang terus meningkat, para pabrikan akhirnya berlomba-lomba untuk membuat mobil listrik yang disukai para pengguna.

Target dari pabrikan-pabrikan mobil listrik ini tidak lain adalah menjual sebanyak mungkin mobil listrik yang mereka buat untuk mengalahkan Tesla yang sudah cukup lama menjadi pemimpin di kategori ini.

Namun sayangnya, 2021 bukanlah tahun lengsernya Tesla dari tahta pabrikan mobil listrik dengan penjualan terbaik tahun ini. Meskipun perlawanan dari pabrikan-pabrikan lain kini semakin menguat.

Dan berikut adalah daftar 10 pabrikan mobil listrik dengan penjualan terbaiknya selama 2021 lalu:

10. Hyundai (159.343 unit)

Usaha pabrikan mobil asal Korea Selatan ini untuk menjadi salah satu pemain utama dari mobil listrik akhirnya terkabul. Karena setelah berusaha menyediakan mobil listrik yang kompeten mulai dari Hyundai Kona Elektrik hingga Hyundai Ioniq 5, Hyundai kini berhasil masuk ke dalam 10 besar

9. Audi (171.371 unit)

Audi akhirnya semakin percaya diri masuk ke dalam dunia elektrik karena meskipun masih belum mengejar sang induk Volkswagen, namun portofolio mobil listrik kini sudah semakin baik. Ditambah dengan Audi memiliki banyak inovasi untuk membuat kehidupan pemilik mobil listriknya lebih nyaman.

8. Volvo(189.115 unit)

Siapa yang menyangka bahwa pabrikan asal Swedia ini juga menghasilkan mobil-mobil listrik yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Wilayah Eropa sendiri menjadi daerah kekuasaan Volvo dimana mayoritas mobil listriknya terjual.

7. SAIC (226.963 unit)

Induk perusahaan brand mobil listrik kenamaan China seperti  Wuling, MG Motor, Roewe, dll ini kini mendapat peningkatan popularitas yang cukup banyak selama tahun 2021 ini. Mereka bahkan berhasil naik 3 peringkat dari tahun  2020.

6. Mercedes( 228.144 unit)

Sebagai salah satu pabrikan mobil premium paling terkenal di dunia, Mercedes menghadapi tahun 2021 yang cukup menantang karena posisinya yang tetap dari tahun sebelumnya. Namun Mercy sendiri telah memiliki amunisi untuk ke depannya mulai dari G-Class Electric EGQ hingga Maybach EQS.

5. BMW (276.073 unit)

Selain Mercedes, pabrikan asal Jerman lainnya yaitu BMW juga berada di posisi yang sama seperti tahun lalu. Line-up elektrik milik BMW memang membawa desain yang cukup kontroversial bagi para fans yang mungkin membuat banyak calon pembeli mempertimbangkan ulang.

4. Volkswagen (319.735 unit)

Bila banyak pabrikan yang terus meningkat posisinya atau harus berada di posisi yang sama, maka Volkswagen alias VW harus terlempar jatuh dari yang sebelumnya berada di posisi kedua dan kini harus puas menempati posisi keempat.

3. SGMW /Wuling (456.123 unit)

Sebagai salah satu produksi mobil listrik paling populer di China yaitu Wuling Hongguan MINI EV membuat SGMW berada di posisi ketiga. Bahkan mobil listrik mungil tersebut mendominasi hingga 90% dari penjualan brand SGMW.

2. BYD (593.878 unit)

Salah satu raksasa mobil listrik China ini merupakan salah satu merk mobil listrik yang tengah meroket popularitasnya untuk saat ini. Apalagi dengan portofolio mobil listrik yang sudah sangat luas dan bahkan BYD telah melakukan joint venture dengan Daimler, Mitsubishi, dan bahkan Toyota.

1. Tesla (936.172 unit)

Tesla akhirnya berhasil menduduki tahta posisi pertama brand mobil listrik terlaris di dunia hingga empat tahun berturut-turut. Dengan produk-produk barunya yang terus mencuri perhatian, Tesla memang masih stabil di posisi atas meskipun persentase pasarnya kini semakin menurun karena munculnya brand-brand elektrik lainnya.

Penutup

Dengan semakin populernya kendaraan listrik di negara-negara maju serta banyaknya negara yang memang memperketat regulasi kendaraan ramah lingkungannya memang memaksa banyak pabrikan otomotif untuks segera beralih menuju mobil listrik.

Namun hal tersebut membawa sisi positif bagi pasar mobil listrik sendiri karena ke  depan persaingan yang semakin kompetitif akan membuat para pabrikan harus membuat produk yang menarik baik secara kualitas, desain, maupun harga untuk menarik minat pembeli.

Satu hal unik yang teradapat pada daftar ini adalah hampir tidak ada pabrikan asal Jepang yang berhasil masuk ke dalam 10 besar dan hanya Toyota saja yang dapat masuk ke 20 besar memperlihatkan bahwa pabrikan Jepang termasuk yang paling lambat mengadopsi kendaraan listrik untuk lineup mereka.