Zapp i300, Skuter Elektrik Ringan yang Jadi Favorit di Inggris

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Keberadaan skuter elektrik atau e-scooter memang menjadi alat transportasi alternatif yang semakin diminati. Bila sebelumnya skuter mayoritas disukai di kawasan Asia, kini orang-orang di wilayah Eropa pun mulai menyukai alat transportasi ini.

Seperti yang terjadi pada skuter listrik Zapp i300, yang menjadi favorit baru bagi para pengguna di Inggris. Zapp sendiri merupakan perusahaan startup asal Inggris yang telah meluncurkan skuter elektrik i300 ini sejak 2018 lalu.

Berkat kepraktisannya, skuter listrik bergaya agresif ini bahkan sudah mulai melakukan ekspansinya ke pasar Eropa. Salah satunya adalah Jerman yang menjadi target utama Zapp untuk tahun ini.

Kepopuleran Zapp i300 memang cukup unik, mengingat bahwa ia tidak ditawarkan sebagai e-scooter ekonomis, melainkan sebuah skuter listrik premium. Zapp i300 sendiri dibanderol dengan harga 6.300 Euro atau sekitar Rp 106 juta. Yang tentu bukan harga yang murah, bahkan untuk pasar Eropa sekalipun.

Dengan harga setara dengan motor listrik Zero tersebut, apa sebenarnya yang ditawarkan oleh skuter listrik Zapp ini? Salah satu yang paling menarik adalah karena bobotnya yang sangat ringan, hanya 90 kilogram saja.

Zapp mengklaim bahwa bodi skuter mereka tersebut dibuat dari material komposit ramah lingkungan yang nantinya dapat didaur ulang saat masa pemakaian skuternya berakhir.

Untuk tenaga, Zapp i300 diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 19 daya kuda. Yang bahkan lebih besar dari skuter-skuter bermesin 150 cc. Skuter ini juga dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 98 km/jam.

Sebagai pusat dayanya, i300 dilengkapi dengan dua buah baterai berkapasitas 1,4 kWh. Baterainya pun hanya berbobot 5,4 kilogram dan dapat dilepas-pasang dengan mudah. Namun salah satu kekurangan dari skuter listrik ini adalah jarak tempuhnya yang hanya mencapai 64 kilometer saja.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!