Yamaha Tengah Rancang Generator Suara untuk Kendaraan Listriknya

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Yamaha memang menjadi salah satu pabrikan motor yang mungkin tidak terlalu agresif untuk segera membawa elektrifikasi ke dalam lineup-nya. Namun pabrikan garpu tala ini kelihatannya menjadi salah satu yang terus bereksplorasi di bidang ini.

Bila dahulu mereka sempat membuat mesin listrik untuk hyper EV. Maka kini mereka membuat alat untuk menghasilkan suara buatan untuk kendaraan listrik. Alat tersebut sendiri diberi nama “Alive“.

Eksperimen Yamaha ini dilakukan untuk memberikan solusi pada kendaraan listrik yang ‘terlalu senyap’. Karena hampir tidak memiliki suara, motor listrik ternyata juga menimbulkan resiko baru bagi pengendara lain dan bagi para pejalan kaki.

Menjadi salah satu pabrikan yang tentunya ahli tentang masalah suara dan musik, apalagi Yamaha memang telah memiliki sepak terjang untuk mendesain suara untuk beberapa mesin mobil. Dan kini Yamaha berusaha mencari solusi untuk menemukan suara dan nada manakah yang paing baik dihasilkan saat pengendara kendaraan listrik lewat.

Belum dengan bagaimana cara suara yang berasal dari alat tersebut dapat diintensifkan oleh frame dan juga komponen kendaraan lainnya. Untuk merealisasikan alat tersebut para insinyur dari Yamaha Motor Corp tentunya akan bekerja sama dengan insinyur dari Yamaha Corp .

Yamaha memang memiliki target besar untuk mencapai karbon netral untuk perusahaannya pada 2050 mendatang. Dan kelihatannya Alive juga akan menjadi salah satu bagian dari usaha Yamaha menuju target besar tersebut.

Pembuatan suara imitasi untuk motor listrik memang bukan hal yang baru bagi kendaraan listrik. Beberapa pabrikan lain juga mengembangkan teknologi serupa dengan pendekatan yang berbeda-beda. Seperti BMW Motorrad yang mengembangkan suara motor listriknya bersama komposer terkenal Hans Zimmer. Begitu juga dengan mobil listrik seperti Lotus yang mengembangkan suara ala F1 klasik untuk hypercar terbarunya, Evija.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!