Yamaha Prediksi Bahwa Superbike Elektrik Tidak akan Mainstream dalam Waktu Dekat

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Ketika banyak pabrikan motor berbondong-bondong untuk mempercepat transisi mereka menuju elektrifikasi. Yamaha ternyata tetap tenang dengan menetapkan bahwa mereka baru akan menuju carbon-neutral penuh pada 2050 mendatang.

Meskipun masih jauh, Yamaha tetap sudah memiliki rencana dan juga model-model baru yang akan mereka keluarkan bersamaan dengan proses transisi yang mereka lakukan. Namun pabrikan garpu tala ini juga mengingatkan agar tidak berharap bahwa superbike elektrik akan muncul dan jadi mainstream dalam waktu dekat.

Dilansir dari MCN, Yamaha menargetikan bahwa 10 tahun lagi yaitu pada 2030 hanya 2,6% pengendara yang akan mengadopsi motor listrik. Baru kemudian meningkat menjadi 20% pada 2035 mendatang. Maka dari itu Yamaha baru menargetkan bahwa 90% lineup motor mereka menjadi motor listrik pada 2050.

Yamaha E01

Yamaha juga tidak bergantung penuh pada motor listrik. Karena mereka juga melakukan pengembangan ke arah lain seperti bahan bakar sintetis yang bebas karbon. Serta rasio kompresi yang lebih tinggi untuk meningkatkan efisensi.

Namun tetap dalam waktu dekat Yamaha tengah mengerjakan kendaraan listrik yang akan meleburkan kelas-kelas motor yang ada. Terutama dengan motor three-wheeled ‘LMW’ (leaning multi-wheel) mereka.

Target utama Yamaha sekarang adalah untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki sepeda motor sembari memanfaatkan keunggulan dari ukurannya yang kecil. Penggunaan jalan dan tempat parkir yang kecil, emisi karbon yang minimum. Dan juga kemampuan untuk bermanuver cepat di lingkungan urban.

Yamah TriCity

Uniknya adalah Yamaha menyebutkan bahwa mereka membuat motor mereka dapat self-standingalias berdiri sendiri. Yang memperbesar kemungkinan bahwa mereka serius untuk mengeuluarkan produk motor listrik roda tiga.

Sebelumnya juga dikabarkan bahwa Yamaha telah mematenkan nama “E01” yang merupakan konsep skuter elektrik ‘maxi‘ mereka yang telah diperkenalkan sejak 2019 lalu. Yang kemungkinan akan menjadi langkah awal Yamaha membawa line-up globalnya menuju elektrik.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!