XPeng Akhirnya Tunjukkan Konsep Mobil Terbangnya

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Perusahaan mobil asal China, XPeng sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan mobil terbang. Dan kini lewat event 1024 Tech Day, XPeng akhirnya memperlihatkan tampilan baru dari mobil terbangnya tersebut.

Mobil ini dikembangkan oleh XPeng’x Urban Air Mobility atau yang disebut juga HT Aero. Sehingga mayoritas mobilnya dikembangkan secara in-house oleh Xpeng. Sayangnya tidak banyak detail yang dibagikan mengenai mobil terbang ini selain tampilannya yang kini terlihat lebih mirip dengan mobil.

Bila sebelumnya konsep yang diperlihatkan oleh Xpeng masih terlihat seperti drone raksasa atau quadcopter, maka mobil terbang XPeng ini memiliki desain yang lebih mendekati mobil sesungguhnya. Desainnya sendiri tampil sporty dengan proporsi yang menyerupai supercar. Uniknya bagian roda belakangnya tertutup sebagian guna memaksimalkan aerodinamika.

Namun saat mode terbangnya diaktifkan, maka bagasi di belakang akan membuka dan dua buah baling-baling akan keluar dari sisi belakang mobil. Dua buah baling-baling besar ini akan membentang hingga tiga kali lebar mobilnya. Sehingga nantinya para pengemudinya tetap membutuhkan area yang luas untuk dapat mengaktifkan mode terbang ini.

Meskipun statusnya sebagai mobil terbang, XPeng tetap akan membuat mobil ini tetap legal untuk digunakan di jalanan. Mengingat mobil ini masih memiliki empat roda berukuran normal. Dan dengan desain yang tampil seperti supercar futuristis, mungkin saja mobil ini dapat memiliki performa yang mumpuni ketika tidak menggunakan mode terbangnya.

Render interiornya juga memperlihatkan tampilan yang futuristis. Dengan layar infotainment transparan yang melebar di sepanjang dashboard. Sedangkan layar digital untuk informasi pengemudi kini terintegrasi di tengah roda kemudi.

XPeng sendiri berencana untuk segera memproduksi mobil terbang ini pada 2024 mendatang. Cukup ambisius mengingat XPeng hanya memiliki waktu kurang dari tiga tahun, dan mereka masih belum memperlihatkan prototipe dari mobilnya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!