Xiaomi Resmi Masuk Pasar Mobil Listrik dengan Xiaomi EV

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah sempat dirumorkan akan ikut masuk ke dalam bisnis mobil listrik pada awal tahun. Xiaomi akhirnya secara resmi terjun ke dalam pasar ini dengan nama Xiaomi EV, Inc. Tidak tanggung-tanggung , untuk awalnya Xiaomi menginvestasikan dana sebesar 10 miliar Yuan atau sekitar Rp 22 triliun.

Dan tidak berhenti sampai di situ, Xiaomi dikabarkan juga menargetkan total investasi sebanyak 10 miliar Dollar atau sekitar Rp 142 triliun hingga 10 tahun ke depan. Meskipun baru dibentuk, Xiaomi EV mengklaim bahwa telah memiliki sebanyak 300 karyawan dan telah melakukan riset pasar besar-besaran selama 5 bulan ini.

Xiaomi EV juga bukan proyek sampingan karena sang CEO, Lei Jun langsung memimpin proyek pengembangan mobil listrik ini. Meskipun belum mengumumkan secara resmi mobilnya, Xiaomi EV dikatakan akan berfokus pada segmen kendaraan kecil. Targetnya tentu menghasilkan mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap kaya fitur.

Untuk mendukung pengembangan mobil listrik ini Xiaomi juga telah mengakuisisi startup pengembangan mobil otonomus, Deepmotion senilai 77,4 juta Dollar atau sekitar Rp1,1 triliun. Xiaomi juga telah dikabarkan sudah melakukan pendekatan dengan pabrikan Great Wall Motor sejak awal tahun untuk kemitraan terkait manufaktur.

Bila semua rencananya berjalan lancar, Xiaomi EV direncanakan akan meluncurkan produk perdananya pada 2023 mendatang. Mobil listrik ini juga nantinya akan terintegrasi dengan perangkat ekosistem Xiaomi lainnya.

Xiaomi memang tengah dalam perlombaan melawan brand-brand smartphone lain seperti Apple, Huawei, dan bahkan Oppo. Pabrikan-pabrikan smartphone ini memang tengah mencoba melebarkan sayapnya ke dalam pasar mobil listrik dan mobil otonomus.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!