Wuling Perkenalkan GSEV, Akan Diproduksi di Indonesia Tahun Depan

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang tengah berlangsung memang menjadi ajang peluncuran produsen-produsen otomotif di Indonesia. Tidak terkecuali dengan mobil listrik baru yang dibawa oleh Wuling lewat GSEV.

GSEV merupakan singkatan dari Global Small Electric Vehicle, dan seperti namanya mobil ini berukuran kecil (microcar). Ada dua model mobil listrik yang dibawa oleh Wuling ke dalam gelaran ini. Yang pertama adalah Wuling Hongguang Mini EV yang sudah ditebak keberadaannya sebelumnya. Dan yang kedua adalah Wuling Baojun KiWi EV.

Vice President Wuling Motors, Hang Dehong mengatakan bahwa respon masyarakat terhadap GSEV ini sangat baik. Sehingga mereka berani membawanya ke Indonesia, dan rencananya akan diluncurkan pada tahun depan.

“Dengan senang hati kami umumkan bahwa generasi selanjutnya dari GSEV ini akan kami luncurkan di Indonesia tahun depan.” Ungkap Hand Dehong pada peluncuran mobil listriknya kemarin 11 November 2021.

Lebih lanjut, kedua model GSEV ini disebut akan diproduksi di Indonesia lewat kapasitas pabrik Wuling yang ada di Cikarang. Keputusan membawa masuk GSEV ini diambil karena Han melihat pasar mobil listrik di Indonesia potensial dan akan terus berkembang. Pemerintah pusat juga dianggap cukup aktif mendorong penyerapan mobil listrik lewat regulasi maupun dukungan lainnya.

Membicarakan modelnya, Wuling Hongguang Mini EV tentunya bukan model yang cukup asing di dunia mobil listrik. Mobil mungil bergaya boxy ini menjadi perhatian dunia karena mampu mengalahkan penjualan Tesla di China. Dan bahkan melesat masuk ke daftar mobil listrik terlaris di dunia.

Sedangkan mobil kedua adalah Wuling Baojun KiWi EV, model ini merupakan model terbaru dari SAIC-GM-Wuling. Mobil yang baru saja diluncurkan pada bulan September lalu ini memiliki desain yang lebih futuristis dan unik daripada saudaranya.

Sayangnya, pihak Wuling Indonesia belum mau mengumumkan berapa harga jual kedua mobil listrik mungil ini. Meskipun tetap dipastikan bahwa harganya akan terjangkau untuk masyarakat Indonesia.