Wuling Akan Mulai Produksi Mobil Listrik di Indonesia Akhir Tahun Depan

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap mobil-mobil buatan Wuling kelihatannya membuat pabrikan asal China tersebut semakin percaya diri memasukkan lebih banyak produknya. Dan Dilaporkan oleh China Daily beberapa waktu lalu, Wuling dikatakan akan mulai memproduksi mobil listriknya di Indonesia pada akhir 2022.

Perusahaan otomotif bernama lengkap SAIC-GM-Wuling tersebut memang berencana untuk mulai meluncurkan beberapa model yang dibangun menggunakan platform elektrik mereka, GSEV. Salah satu model paling sukses dengan platform ini tidak lain adalah Hongguang Mini EV.

Wuling kemungkinan akan memiliki beberapa model elektrik lain yang nantinya dipersiapkan untuk mulai diproduksi di pabrik SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) pada akhir tahun depan.

Anak perusahaan Wuling di Indonesia tersebut juga ikut membantu merancang standar dan kebijakan industri mobil listrik lokal. Wuling sendiri di Indonesia memang tergabung dalam Persatuan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) bersama MAB dan DFSK.

“Kami akan berpartisipasi aktif untuk merancang kebijakan dan standar industri yang relevan untuk NEV. Dan kami akan membagikan pengalaman kami di segmen ini dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong pengembangan lokal segmen tersebut,” Ungkap SAIC-GM-Wuling.

Indonesia memang menjadi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara. Dengan target untuk dapat mencapai 20 persen produksi mobil dalam negerinya berupa kendaraan listrik pada 2025 mendatang. Wuling juga bukan pemain tunggal dalam rencana ini. Pabrikan Korea Selatan, Hyundai juga memiliki rencana serupa lewat pabrik yang tengah dibangun di Kerawang.

Selain itu, nama-nama besar otomotif Jepang di Indonesia seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki juga telah menyatakan komitmennya untuk memproduksi mobil hybrid di Indonesia mulai 2022 mendatang.

Hal ini tentunya memperkuat kemungkinan bahwa Wuling Hongguang Mini EV akan masuk ke Indonesia. Sebelumnya, mobil listrik mungil ini terpantau telah masuk ke pelabuhan Indonesia namun masih dalam versi setir kiri.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!