Weltmeister M7 Sebut Mereka Capai Otonomus Level 5 Lewat 3 LiDARs

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Perlombaan para pabrikan otomotif dunia untuk dapat mencapai level 5 otonomus atau autopilot memang terus berjalan. Salah satu pemain barunya adalah Weltmeister atau disingkat WM Motor. Pabrikan mobil listrik asal China ini juga masuk ke perlombaan otonomus lewat mobil barunya, M7.

WM Motor mengklaim bahwa M7 telah memiliki kemampuan mengemudi otonomus level 5. Mobil yang awalnya diperkenalkan tahun lalu ini kini sudah tampil dalam versi produksi dengan beberapa penyesuaian. Namun secara desain mobil ini masih mempertahankan desain futuristis yang dari awal diusung.

Masuk ke dalam interior, M7 menyuguhkan desain yang futuristis dan minimalis. Dashboard-nya cukup bersih dan minim tombol karena hanya menyisakan satu kenob putar di tengah. Layar infotainment-nya memanjang dan menyatu dengan layar informasi pengemudi.

Diluar desainnya yang halus dan futuristis, M7 juga membawa hal yang menakjubkan lewat sensor yang dipasang pada seluruh bodi mobilnya. Total ada 32 sensor yang mengelilingi mobil ini antara lain 3 sensor LiDARs, 5 radar gelombang-milimeter, 12 radar ultrasonic, 7 kamera beresolusi tinggi, 4 kamera surround, dan juga modul presisi GPS.

Beberapa sensor peletakannya cukup terlihat seperti pada bagian atap. Namun setidaknya peletakan tersebut lebih sedikit tersembunyi ketimbang yang ada pada Hyundai Ioniq 5 Robotaxi. Meskipun tidak secerdik Xpeng P5 yang bisa menyembunyikan beberapa sensor besarnya pada fitur grafis mobilnya.

Untuk menjalankan sistem otonomus level 5-nya, WM M7 menggunakan chipset Nvidia DRIV Orin-X sebagai otaknya. Meskipun diklaim telah mendukung otonomus level 5, namun WM menegaskan bahwa bukan berarti mobil ini dapat mengemudi sendiri secara penuh. Mobil ini disebut masih membutuhkan pengemudi untuk tetap melihat ke depan saat berjalan untuk mengantisipasi interfensi-interfensi yang tidak terduga.

M7 direncanakan untuk dirilis untuk pasar China pada tahun depan dan menawarkan jarak tempuh yang mencapai 700 km. Sayangnya tidak ada informasi harga ataupun spesifikasi lebih mendetail tentang mobil ini untuk saat ini.