VW Pamerkan ID.LIFE – Mobil Listrik Kompak Terjangkau untuk 2025

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Banyak pabrikan otomotif di seluruh dunia yang kini sudah dapat membangun mobil listrik. Namun membuat sebuah mobil listrik yang dapat dijangkau oleh banyak orang merupakan hal yang masih menjadi PR bagi banyak pabrikan.

Volkswagen atau VW tentunya merupakan salah satu pemain utama dalam pasar mobil listrik dunia, dan dalam gelaran IAA Mobility 2021 mereka akhirnya mengumumkan mobil listrik yang lebih terjangkau dengan nama ID.LIFE. Mobil ini diproyeksikan untuk menjadi mobil kecil VW di tahun 2025 mendatang dengan harga sekitar €20,000 atau sekitar Rp336 juta.

Mobil listrik ini akan menjadi varian lebih kecil yang menggunakan arsitektur MEB milik VW sekaligus mobil listrik pertama yang menggunakan penggerak roda depan. Menjadi ‘adik paling kecil’ dari line up ID, ID.LIFE tetap membawa bahasa desain kakak-kakaknya. Namun mobil ini mengambil pendekatan bentuk yang berbeda lewat bentuknya yang lebih boxy dengan tampilan lebih retro.

Ada sedikit cita rasa Golf generasi awal pada mobil ini, meskipun ID.LIFE memiliki proporsi yang lebih bongsor. Lampu depan maupun belakang beserta logo kini menggunakan LED. Dengan bodi yang minim lekukan serta atap berwarna kontras yang membuat mobil ini tampil trendy.

Kabin untuk hiburan yang punya banyak konfigurasi

Bila di luar ID.LIFE tampil cukup kalem dan minimalis, maka di dalam mobil ini akan terasa lebih menarik lewat kabin yang dilengkapi dengan layar proyektor berukuran 34 inci yang bisa dibuka menutupi kaca depan. Penggunanya dapat menggunakan layar raksasa ini menonton film atau bahkan bermain video game.

Mobil ini juga memiliki konfigurasi kursi yang fleksibel dengan beberapa pilihan konfigurasi. Mulai dari tempat duduk normal hingga melipat semua kursinya untuk membuat interiornya menjadi kasur sepanjang 2 meter.

Uniknya ID.LIFE ini tidak memiliki layar infotainment di tengah dashboard-nya. Hal tersebut karena memang mobil ini akan bergantung pada smartphone atau tablet milik pengunanya yang akan ditempelkan dengan magnet. Nantinya smartphone tersebut akan diintegrasikan dengan sistem operasi di mobilnya untuk mengontrol fitur-fitur pada mobilnya.

ID.LIFE ditenagai dengan motor elektrik 171 kW yang menghasilkan 230 daya kuda. Membut mobil ini dapat melaju ke 100 km/jam dalam 6,9 detik. Mobil ini juga dilengkapi dengan baterai 57 kWH yang dapat membawa mobil ini dapat melaju hingga 400 km.

VW menargetkan ID.LIFE untuk kostumer muda yang ingin mengekspresikan diri sekaligus gaya hidupnya lewat mobil listrik. Karena mobil nantinya tidak hanya sekedar alat transportasi, namun juga harus memilki pengalaman menarik saat dikendarai.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!