VW Kembangkan Software Khusus untuk Menganalisa Kelayakan Baterai EV

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Salah satu komponen yang paling penting pada kendaraan listrik adalah baterai. Sehingga kondisi kesehatan baterai juga dapat mempengaruhi kondisi kendaraan listrik secara keseluruhan. Hal tersebut akhirnya membuat raksasa otomotif Jerman, Volkswagen mengembangkan software untuk menganalisa kondisi baterai.

Software tersebut diberi nama BattMan yang merupakan singkatan dari Battery Monitoring Analysis Necessity. Secara harfiah software ini nantinya digunakan untuk menganalisa sekaligus memantau kondisi baterai mobil listrik. VW mengembangkan software ini untuk membantu mereka dalam proses daur ulang baterai mobil listrik.

BattMan awalnya dikembangkan oleh tim Audi sebagai alat diagnosa baterai untuk divisi e-tron mereka. Software tersebut diprogram kembali sebagai cara cepat untuk memeriksa kesehatan dan masa pakai baterai mobil agar lebih mudah didaur ulang.

Software ini akhirnya kini digunakan oleh para ahli dari Volkswagen Group Components di pabrik daur ulang baterai mereka di Salzgitter, Jerman. Baterai kendaraan listrik tersebut nantinya akan disambungkan ke software untuk dideteksi adanya eror, tingkat resistensi insulasinya, kapasitas, temperatur, hingga ke voltase yang dimiliki sel baterainya.

Para ahli nantinya dapat mengukur semua parameter penting dari baterai yang nantinya akan menunjukkan berbagai diagnosa kelayakan dari parameter-parameter tadi. Sehingga pada akhirnya akan diketahui status dari baterai tersebut masih layak atau tidak. Bila masih layak maka VW akan menggunakannya di kendaraan listrik mereka yang lain.

Namun bila tidak memenuhi standar maka baterai tersebut akan di kirimkan untuk kegunaan perangkat listrik lain. Dan bila baterainya benar-benar berada dalam kondisi buruk, maka baterai tersebut akan dikirim untuk didaur ulang materialnya.

Kepala Sistem dan Sel Baterai Volkswagen, Frank Blome juga mengklaim bahwa material baterai daur ulang sama efektifnya dengan baterai baru. Sehingga materiral daur ulang ini akan digunakan kembali dalam produksi di masa depan.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!