VW dan Foxconn Dikabarkan Akan Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Geliat industri mobil listrik di Indonesia kelihatanya akan meningkat pesat ke depannya. Mimpi Presiden Joko Widodo untuk membuat Indonesia menjadi pemain utama dalam industri mobil listrik dunia kelihatannya dapat menjadi kenyataan.

Karena di tahun 2021 ini saja, sudah mulai banyak pabrikan-pabrikan otomotif yang mau masuk ke Indonesia untuk mengembangkan kendaraan listriknya. Sebelumnya, BMW dan Mercedes-Benz dikabarkan akan berinvestasi di Indonesia.

Dan kini, jumlah investor asing yang ingin masuk ke Indonesia bertambah lagi lewat Volkswagen dan Foxconn. Semua orang tentunya mengetahui Volkswagen yang merupakan salah satu brand otomotif tertua di Jerman. Sedangkan Foxconn adalah perusahaan komponen elektronik asal Taiwan yang baru saja ikut terjun ke dalam dunia mobil listrik.

Informasi ini diutarakan langsung oleh Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dikutip dari CNBC Indonesia. Bahlil bercerita bahwa dirinya baru saja pulang dari jerman untuk bicara dengan Volkswagen dan BASF. Dirinya mengatakan bahwa kedua perusahaan tersebut telah mengkonfirmasi akan masuk ke Indonesia untuk menjadi bagian rantai pasok untuk baterai mobil listrik.

Lebih lanjut dua perusahaan ini nantinya akan masuk pada bagian rantai pasok hilir, yang disebut Bahlil akan memerlukan kolaborasi dan menjadi target dari Kementerian Investasi/BKPM ke depannya.

Sedangkan perusahaan lainnya adalah Foxconn yang baru saja memperkenalkan tiga konsep mobil listrik pertamanya. Foxconn juga disebut akan segera melakukan Nota Kesepahaman (MoU) terkait rencana investasi baterai hingga kendaraan listrik di Indonesia.

Sayangnya Bahlil mengatakan bahwa dirinya belum dapat memberikan informasi detail untuk jumlah dan kapan investasi tersebut akan dimulai. Namun dirinya juga berharap supaya proyek kerja sama ini dapat segera diumumkan tahun ini.

Bahlil juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi sendiri yang memberikan perintah khusus untuk menarik investasi Foxconn masuk ke Indonesia. Nantinya Foxconn akan masuk ke dalam produksi baterai kendaraan listrik, mobil dan motor listrik, hingga suku cadangnya.