Toyota Resmi Luncurkan Avanza dan Veloz Terbaru untuk Indonesia

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah bocorannya telah beberapa kali muncul sebelumnya di dunia maya, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi memperkenalkan generasi baru untuk Avanza dan Veloz pada Rabu, 10 November 2021 kemarin. Salah satu model paling laris Toyota ini mendapatkan ubahan menyeluruh. Mulai dari basis yang digunakan, desain, hingga ke fitur-fiturnya yang kini lebih kaya.

“Hari ini kita memasuki era baru untuk kendaraan MPV bakal mobilitas yang lebih baik.” Ungkap Wakil Presiden TAM, Henry Tanoto lewat acara peluncuran virtualnya.

Henry juga menjelaskan bahwa kini Avanza dan Veloz hadir sebagai dua model yang berbeda. Keduanya juga disebut dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbeda. Avanza sebagai kendaraan multifungsi, sedangkan Veloz lebih pada gaya dan fitur.

Perubahan lainnya yang cukup radikal adalah sistem penggerak kedua mobil ini yang berubah menjadi penggerak roda depan (FWD). Padahal Toyota telah menggunakan penggerak roda belakang untuk Avanza sejak 2003.

Kedua model Toyota ini kini menggunakan platform baru yaitu DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Platform baru tersebut membuat dimensi mobilnya kini menjadi semakin besar, mendukung ubahan desainnya yang kini juga menjadi seperti SUV.

Desain yang diusung Avanza dan Veloz baru ini mayoritas identik, dengan perbedaan pada sisi wajah dan juga buritan. Avanza memiliki desain yang sporty namun tetap elegan dengan grille besar di depan dengan gaya mirip dengan Toyota Raize. Sedangkan Veloz memiliki tampilan depan lebih agresif.

Perbedaan lain ada pada bagian belakang dimana desain bumper milik Avanza lebih terasa elegan ketimbang Veloz yang lebih sporty. Ditambah dengan desain lampu belakang Veloz yang kini menyambung.

Interior keduanya kini juga benar-benar baru dari generasi sebelumnya. Dengan beberapa perbedaan desain dan fitur pada Veloz yang lebih mewah dan kaya ketimbang Avanza. Untuk varian tertinggi kini juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS).

Untuk harganya, Toyota Indonesia akan menjual Avanza dengan rentang Rp206,2 juta-Rp264,4 juta, sementara Veloz pada Rp251,2 juta-Rp291,5 juta.