Toyota Mirai Cetak Rekor Mampu Tempuh 1.359 Km Tanpa Isi Ulang

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Salah satu rekor yang terus dikejar oleh mobil-mobil ‘ramah lingkungan’ adalah jarak tempuh. Dan bila sebelumnya Lucid Air Dream Edition berhasil memecahkan rekor mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh dengan 836 km. Kini raksasa otomotif Jepang, Toyota berhasil memecahkan rekor mobil fuel-cell dengan jarak tempuh terjauh lewat Toyota Mirai.

Toyota Mirai yang bertenaga Hidrogen tersebut berhasil mencetak jarak tempuh menakjubkan yaitu sejauh 1.359 km tanpa dalam sekali jalan tanpa isi ulang. Rekor ini sendiri bahkan berhasil masuk ke dalam Guinness World Record.

Untuk mencapai jarak impresif tersebut Toyota memang memiliki beberapa strategi. Yang pertama adalah mereka mengendarai Mirai di jalanan yang tengah padat pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2021 lalu. Kedua, Toyota Mirai ini tidak dikemudikan oleh orang sembarangan melainkan dua orang pengemudi yang memang ahli dalam memecahkan rekor efisiensi kendaraan di Amerika Serikat.

Sehingga setelah dua hari mengendarai Mirai secara hati-hati dan terkakulasi penuh, Toyota akhirya berhasil membawa Mirai mampu berjalan sejauh 1.359 km tanpa membuka tutup pengisian bahan bakarnya sama sekali. Dalam pemecahan rekor tersebut Toyota Mirai telah mengkonsumsi sebanyak 5,65 kilogram Hidrogen yang setara dengan 64.62 km/liter dari mobil berbahan bakar bensin.

Selain itu, Toyota juga mengklaim bahwa Toyota Mirai menghasilkan 0 polusi CO2 selama 2 hari pemecahan rekor tersebut. Dengan perbandingan bahwa sedan konvensional akan menghasilkan sebanyak 301 kilogram dengan jarak tempuh yang sama.

Rekor ini sendiri kelihatannya akan bertahan cukup lama mengingat Toyota Mirai merupakan satu dari sedikit mobil fuel-cell yang tersedia di pasaran hingga saat ini. Apalagi melihat bahwa tren pabrikan-pabrikan otomotif lebih mengarahkan pengembangan mobilnya ke mobil listrik ketimbang fuel-cell.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!