Toyota Meyakini Bahwa Tidak Semua Orang Harus Memakai Mobil Listrik

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Elektrifikasi tentu sekarang menjadi langkah jangka panjang yang diambil hampir seluruh pabrikan otomotif dunia. Apalagi kini juga bertambah banyak pesaing-pesaing baru yang muncul dengan berbagai inovasinya. Namun meski begitu salah satu raksasa otomotif asal Jepang, Toyota ternyata malah berpikir sebaliknya.

Brand otomotif terbesar kedua di dunia ini memang cukup lambat untuk mengadopsi elektrifikasi pada lineup mereka di seluruh dunia. Meskipun di sisi lain mereka juga tetap mampu membuat gebrakan seperti Toyota Mirai. Mobil sedan tersebut berhasil memecahkan rekor mobil fuel-cell hidrogen dengan jarak tempuh terjauh.

Namun nyatanya Toyota memang tidak pernah berfokus pada listrik. Kepala Ilmuwan Toyota Motor Corporation, Gill Prat malah berpendapat bahwa tidak ada keharusan bagi semua pemilik mobil saat ini harus segera beralih menggunakan mobil listrik. Prat merasa bahwa pilihan kendaraan tergantung pada keinginan konsumen, bukan ditentukan oleh produsen.

Toyota bZ4X

Toyota percaya pada keberagaman sistem penggerak kendaraan. Bukan hak kami untuk memprediksi solusi mana yang terbaik ataupun menentukan bahwa satu solusi tertentu yang bekerja.” Ungkap Prat.

Pernyataan Prat sendiri mengacu pada usulan larangan penggunaan dan penjualan kendaraan dengan mesin pembakaran internal di sejumlah negara. Yang tentunya akan membawa gelombang mobil listrik beberapa tahun ke depan.

Meskipun begitu bukan berarti Toyota anti dengan kendaraan listrik. Karena pada kenyataannya Toyota juga telah memiliki konsep mobil listrik baru yaitu bZ4X yang direncanakan untuk 2022 mendatang. Dan juga disebutkan telah berkomitmen untuk membuat 15 model di bawah nama bZ hingga 2025.

Toyota kelihatannya ingin lebih mengeksplorasi semua kemungkinan teknologi masa depan yang ada seperti hybrid, fuel cell, dan bahan bakar sintetis. Sehingga mereka tidak menganak-emaskan mobil listrik meskipun jenis kendaraan ini yang kelihatannya akan booming dalam beberapa tahun ke depan.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!