Toyota Akhirya Pamerkan Versi Produksi dari bZ4X, Mirip Konsepnya

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah sebelumnya Subaru telah membuka sebagian tabir dari SUV elektrik mereka, Soltera. Maka kini giliran Toyota yang memperlihatkan versi produksi dari SUV elektrik kembar tersebut. Masih menggunakan nama yang sama bZ4X, Toyota seakan juga memastikan bahwa desain yang mereka tunjukkan dalam konsep juga masih sama di versi produksinya.

Mobil pertama dari keluarga elektrik Toyota bZ ini akan dibangun menggunakan arsitektur e-TNGA. Nantinya versi produksi dari bZ4X akan tersedia dalam penggerak depan (FWD) dan juga semua roda (AWD). Toyota juga menyingkap detail spesifikasi dari bZ4X.

Yang pertama, mobil ini akan dilengkapi dengan baterai lithium-ion 355 volt berkapasitas 71,4 kWh. Baterai yang ditanam di lantai mobil tersebut akan memberikan daya tempuh sejauh 500 km untuk varian FWD dan 460 km untuk AWD. Baterainya juga telah mendukung fast-charging 150 kW DC yang dapat mengisi 80% baterainya hanya dalam 30 menit.

Toyota bahkan secara percaya diri mengklaim bahwa kapasitas baterainya akan tetap 90% meskipun telah digunakan selama 10 tahun atau 240.000 km. Untuk tenaganya, bZ4X versi FWD akan dibekali dengan satu motor elektrik di depan yang akan memproduksi 201 daya kuda. Membuat versi FWD ini melaju dari 0-100 km/jam dalam 8,4 detik.

Sedangkan versi AWD mendapatkan dua buah motor elektrik yang masing-masing menghasilkan 107 daya kuda. Sehingga mobil ini akan memiliki total tenaga 215 daya kuda. Meskipun versi AWD ini lebih berat 2 ton, namun nyatanya 0-100 km/jamnya hanya membutuhkan 7,7 detik saja.

Tambahan lain yang disematkan oleh mobil ini di versi produksinya adalah atap panoramik opsional untuk membuat kabin lebih cerah. Bahkan atap tersebut bisa ditingkatkan menjadi atap panel surya yang dapat memberikan jarak tempuh tambahan.

Selain itu bZ4X juga akan dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense Terbaru. Mobil ini juga dilengkapi dengan ADAS yang mendukung sistem Toyota Advance Park. Toyota sendiri berencana untuk meluncurkan bZ4X ini ke pasaran pada pertangahan 2022 mendatang.