Terlalu Banyak, Skuter Elektrik Jadi Masalah Baru di Swedia

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Skuter elektrik memang menjadi salah satu moda transportasi ringkas dan ramah lingkungan. Di negara-negara Eropa seperti Swedia, skuter berjenis otoped memang tengah populer karena kepraktisannya. Namun dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan skuter elektrik ini, ternyata timbul juga masalah baru dari sana.

Pemerintah Swedia kini dikabarkan tengah dipusingkan dengan jumlah pengguna skuter elektrik yang meningkat. Hal ini dikarenakan jumlah kecelakaan yang terjadi juga ikut meningkat, ditambah dengan permasalahan lahan parkir yang sudah tidak dapat menampung.

Pemerintah Ibukota Swedia, Stockholm bahkan kini mengeluarkan aturan untuk membatasi jumlah penyebaran skuter listrik ini yang awalnya telah mencapai 23.000 unit menjadi separuhnya yaitu 12.000 unit saja. Lebih lanjut mereka juga merampingkan jumlah perusahaan penyedia skuter listrik ini dari delapan menjadi tiga.

“Kita harus turun tangan dan membersihkan hutan e-scoteer” ungkap Wakil Walikota Transportasi Stockholm, Daniel Hellden lewat akun Twitter-nya. Cuitan ini mengarah pada skuter-skuter elektrik yang diletakkan sembarangan oleh para warga Swedia di saentaro kota. Saking parahnya, permasalahan parkir skuter elektrik tersebut sempat menjadi insiden yang menewaskan seoarang warga.

Ke depannya, pemerintah kota Stockholm akan terus merapikan jumlah skuter elektrik yang berseliweran hingga awal tahun depan. Stockholm juga akan membebankan biaya kepada perusahaan penyedia skuter listrik tersebut untuk mendorong perusahaan-perusahaan tersebut lebih mengoptimalkan kendaraan-kendaraan mereka.

Dan yang terakhir mereka juga meminta perusahaan yang masih beroperasi di Stockholm memiliki aturan parkir yang tegas, sekaligus menyediakan tempat parkir yang rapi dan aman bagi pengguna skuter maupun pengguna jalan lainnya.

Meskipun begitu Pemerintah Kota Stockholm juga menegaskan bahwa mereka tidak menentang keberadaan skuter elektrik ini. Bahkan mereka menganggap bahwa kendaraan ini merupakan kebutuhan bagi mobilitas di dalam Stockholm. Namun lebih ke bagaimana untuk mencerdaskan para penggunanya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!