Smoot Tempur, Skuter Listrik yang Punya Harga Lebih Murah dari Honda Beat

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Kelihatannya prediksi para ahli yang menyebutkan bahwa harga motor listrik akan segera dapat menyaingi motor biasa akan mulai jadi kenyataan. Bagaimana tidak, bila sebelumnya motor listrik diidentikkan dengan harga yang mahal, kini sudah ada motor listrik yang harganya bahkan berada di bawah Rp15 juta-an.

Skuter listrik tersebut adalah Smoot Tempur, yang diproduksi oleh PT Swap Energi Indonesia (SEI). Motor listrik baru tersebut diperkenalkan dengan harga yRp 14,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Dan bahkan mereka kini memberikan promo potongan harga Rp1 juta yang membuat harganya menjadi Rp13,9 juta OTR.

Dengan harga tersebut, Smoot Tempur bisa dibilang menjadi motor listrik paling murah yang ada di Indonesia. Mengalahkan skuter listrik dengan spesifikasi mirip, yaitu Viar Q1 yang masih berada di harga Rp18,68 juta.

CEO dari SEI, Irwan Tjahaja juga menjelaskan bagaimana mereka bisa mengatur harga dari Smoot Tempur lebih murah dari skuter bensin. Mengutip dari diskusi virtualnya dengan OTOMOTIF Group Selasa lalu, Irwan menjelaskan bahwa mereka tidak hanya menjual motor listrik, melainkan juga sistem baterai motor listrik bernama Swap.

“Kami ambil untung sangat minim sekali. Karena yang kami jual itu sebenarnya adalah energi dari Swap baterai dan paket-paket energi yang kami jual. Itu kan akan jadi profit juga bagi kami ke depannya, dan dari sisi konsumen kan lebih fair juga,” ungkap Irwan.

Motor listrik yang terintegrasi lewat smartphone

Lebih lanjut integrasi antara motor listrik Smoot dan juga baterai Swap tidak hanya pada sistem baterainya saja. Namun ke sistem pendukung lainnya, seperti integrasi dengan GPS yang tertanam di motor listriknya. Hingga ke bagian dalam motor yang bisa mengecek apabila terjadi error.

Smoot Tempur sendiri tampil cukup modern dengan bentuk khas skutik dengan lampu depan bergaya sporty dengan lampu sein terpisah di atas. Bagian belakangnya terlihat unik karena behel yang sangat panjang hingga melebihi ujung belakang motornya.

Hebatnya Smoot mampu menyediakan ruang kaki yang sangat lega dalam bodi kompak yang diusungnya. Selain itu, Tempur juga telah menggunakan spedometer digital meskipun masih belum berupa layar. Sayangnya karena area bagasi mayoritas digunakan untuk baterai Swap, maka area yang bisa digunakan untuk menyimpan barang sangat kecil.

Mengenai spesifikasi, Smoot Tempur ini menggunakan motor listrik 1,5 kW yang menghasilkan energi kurang lebih 2 daya kuda. Motor ini dapat melaju hingga 60 km/jam. Ditenagai oleh baterai sebesar 1,4 kWh dan dapat melaju sejauh 60 km.

Kelebihan dari motor listrik tentu adalah pada teknologi baterainya yang cukup dilepas-pasang yang membuatnya hampir tidak memerlukan waktu cas. Nantinya, tempat pergantian baterai Swap ini akan diletakkan pada minimarket-minimarket dan tempat strategis lainnya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!