Skuter Listrik Gogoro Masuk Indonesia Lewat Gojek

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Target Gojek untuk dapat mengimplementasikan kendaraan listrik untuk armadanya kelihatannya mulai direalisasikan. Yang terbaru, perusahaan yang kini bergabung dengan Tokopedia menjadi GoTo Group ini kini menggandeng pabrikan skuter listrik kenamaan Taiwan, Gogoro.

Gogoro sendiri merupakan brand skuter listrik yang sangat populer di Taiwan karena kemudahannya lewat baterai yang dapat diganti dengan mudah (swappable). Gogoro memang tengah melakukan ekspansi internasional dan Indonesia menjadi salah satu targetnya lewat skema Private Investment in Public Equity (PIPE) dengan Gojek.

Nantinya Gojek dan Gogoro juga akan bekerja sama dengan BUMN Pertamina dalam bentuk percontohan baterai swap. Serta uji coba skuter listrik Gogoro Smartscooter di Jakarta. Skuter Gogoro ini masih mampu melaju hingga di atas 80 Km/jam yang membuatnya cocok untuk mobilitas masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Salah satu tantangan terbesar di Indonesia maupun seluruh dunia saat ini adalah untuk mengubah transportasi perkotaan menuju generasi baru. Lewat kendaraan listrik roda dua yang cerdas, berkelanjutan, dan dapat diakses oleh semua masyarakat. Bersama Gojek dan dukungan dari Pemerintah, kami berada di jalan untuk merealisasikan hal ini. ” Ungkap CEO dan pendiri Gogoro, Horace Luke.

Luke juga menjelaskan bahwa teknologi baterai swap milik Gogoro juga merupakan inovasi terdepan pengisian bahan bakar listrik. Dan Gogoro secara terbuka mempersilahkan baterainya digunakan sebagai platform untuk mendukung para produsen kendaraan roda dua.

Sebagai permulaan, Gogoro nantinya akan menguji coba 250 kendaraan listrik mereka dan menyediakan 4 buah stasiun swap baterai di Jakarta. Stasiun pergantian bernama GoStation tersebut akan terletak di beberapa SPBU Pertamina.

Ke depannya, Gogoro dan Gojek menargetkan akan ada 5.000 kendaraan dan juga beberapa stasiun swap baterai tambahan. Gojek sendiri masih tetap menargetkan dapat mencapai nol emisi untuk semua armadanya pada 2030 mendatang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!