Seluruh Rumah dan Kantor Baru Nantinya Diwajibkan Memiliki Charging Point

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Masih terbatasnya tempat pengisian kendaraan listrik mungkin masih menjadi kendala untuk berbagai negara termasuk di Indonesia. Dengan waktu pengisian yang masih relatif lama, keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) masih dianggap tidak efektif.

Mayoritas pengisian daya mobil listrik memang dilakukan ketika berada di rumah dan saat mobil diparkir di kantor ataupun tempat umum. Hal ini kelihatannya mendorong Pemerintah Inggris untuk mengeluarkan peraturan baru yang mengharuskan setiap rumah dan kantor baru untuk memiliki titik pengisian kendaraan listrik.

Peraturan ini diumumkan langsung oleh Menteri Transportasi Inggris rachel Maclean pada 9 September lalu. Peraturan ini menjadi usaha Pemerintah Inggris untuk mendorong jumlah charging point sebelum pelaksanaan pelarangan penjualan mobil bensin dan diesel baru pada 2030.

Selain itu fakta lapangan menunjukkan bahwa sekarang satu dari tujuh mobil yang terjual di Inggris kini membutuhkan charger, entah mobil tersebut full elektrik ataupun plug-in hybrid.

Lebih lanjut peraturan tersebut juga mengharuskan titik pengisian tersebut menggunakan smart charger. Smart charger yang dikehendaki harus dapat memberitahukan pemiliknya kapan mobil listriknya harus diisi ulang dan hingga berapa persen. Serta memiliki pilihan untuk mengisi daya ketika permintaan energi listrik sedang rendah.

Regulasi ini sendiri direncanakan untuk mulai diterapkan mulai tahun depan. Hal ini akan membuat Inggris menjadi negara pertama yang menerapkan peraturan smart charger untuk rumah dan kantor ini.

Nantinya Pemerintah Inggris juga meminta smart charger ini memiliki integrasi tingkat nasional untuk dapat berkomunikasi dengan para penyedia energi listrik. Fungsinya untuk dapat meratakan distribusi listriknya kepada jutaan mobil listrik yang nantinya akan dicas secara bersamaan.

Sayangnya tidak dijelaskan bagaimana dan kapan alur tahapan yang akan dilakukan terhadap aturan baru ini. Yang pasti Pemerintah Inggris akan mulai menginisasinya pada tahun depan.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!