Scorpio X1, Skuter Elektrik Maxi Buatan Startup Asal Singapura

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Era motor listrik akan semakin dekat, dan berbagai perusahaan motor listrik baru kini tengah berlomba-lomba untuk mendapat popularitasnya. Dengan berbagai arah pengembangan mulai dari motor listrik yang memang berfokus pada jarak ataupun kebutuhan, hingga yang memiliki bentuk unik dan aneh.

Bagi startup asal Singapura, Scorpio kelihatannya berfokus pada pemaksimalan motornya di kondisi negara Singapura. Maka dari itu mereka juga mengembangkan sebuah skuter listrik yang menjadi produk pertama mereka yang diberi nama Scorpio X1.

Deputy CEO dari Scorpio Electric, Joshua Goh mengatakan bahwa peluncuran Scorpio X1 akan menandai serangan perdana masuknya Singapura ke dalam industri transportasi elektrik.

“Di kelasnya, Scorpio X1 jelas akan menjadi pimpinan. Kami akan terus mendorong batasan-batasan desain, performa, dan teknologi sebagai merek kendaraan listrik terkemuka dari Singapura.” Ujar Goh.

Dari tampilannya, terlihat bahwa Scorpio X1 ini mengambil inspirasi dari bentuk skuter maxi yang memang cukup populer di Asia tenggara. Skuternya terlihat besar dan juga panjang , berbeda dengan skuter-skuter listrik buatan Eropa maupun China yang cenderung kecil dan kompak.

Secara desain memang tidak ada yang revolusioner pada Scorpio X1 ini. Namun sebaliknya Scorpio kelihatannya ingin menghadirkan sebuah skuter listrik dengan bentuk yang dianggap sudah familiar bagi masyarakat Singapura.

Scorpio sendiri mengatakan bahwa X1 memang dirancang untuk meningkatkan mobilitas perkotaan. Serta konektivitas cerdas melalui aplikasi seluler untuk memastikan keamanan, efisiensi, dan kenyamanan yang maksimal.

Sayangnya Scorpio belum mengumumkan detail spesifikasi yang diusung oleh X1 ini. Tetapi mereka mengklaim bahwa skuter elektriknya mampu mencapai kecepatan maksimal di 105 km/jam. X1 juga diklaim dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer yang tentunya sudah sangat mencukupi untuk negara Singapura.

Untuk sekarang, Scorpio telah membuka sesi pre-order untuk X1 dengan estimasi harga $9.800 atau sekitar Rp 139 juta.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!