Rolls-Royce Akhirnya Tunjukkan Coupe Elektrik Mereka, Spectre EV

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Brand mobil mewah Rolls-Royce menjadi anggota terakhir dari BMW Group yang mengumumkan mobil listrik barunya. Namun akhirnya pada 29 September lalu brand berinisial RR ini mengumumkan mobil elektrik terbarunya yang bernama Rolls-Royce Spectre EV.

Berbeda dari rumor-rumor yang sebelumnya mengatakan bahwa mobil listrik Rolls-Royce akan berbagi komponen dengan mobil listrik masa depan BMW, Spectre EV ternyata malah menggunakan arsitektur lama milik Rolls-Royce.

Sehingga Spectre EV masih menggunakan platform aluminium milik Phantom yang telah dimodifikasi untuk mengakomodasi mesin elektrik. Apalagi Rolls-Royce ternyata memang membuat platform ini dengan rencana elektrifikasi, sehingga proses konversinya lebih mudah.

Rolls-Royce juga menunjukkan foto perdana dari mobilnya yang ditutupi dengan stiker kamuflase. Namun dari siluetnya terlihat jelas mobil ini memiliki kemiripan dengan Wraith. Dengan kap depan panjang, bodi dua pintu dengan suicide door, dan juga atap melandai.

Desain yang ditawarkan Spectre ternyata memang tidak seradikal konsep Vision Next mereka. Malahan, Spectre EV ini berpotensi besar akan siap diproduksi untuk menjadi pengganti untuk Wraith dan juga Dawn untuk versi atap terbukanya.

CEO Rolls-Royce, Torsten Müller-Ötvö menjelaskan alasan mengapa Rolls-Royce memutuskan untuk memilih coupe 2 pintu untuk mobil elektriknya. Dirinya menyebut bahwa meskipun brand Rolls-Royce identik dengan pada milyarder tua nyatanya demograsi mayoritas kostumer Rolls-Royce adalah yang paling muda ketimbang anggota BMW Group lainnya.

Dirinya menyebut bahwa mayoritas pembeli muda dari mobilnya berasal dari China dan Amerika Serikat. Selain itu perusahaannya juga menemukan fakta bahwa 80 persen kostumer mereka lebih suka mengemudi sendiri.

Untuk Spectre EV sendiri direncanakan akan dirilis pada pada kuarter keempat pada 2023 mendatang. Untuk sekarang, prototipe yang mereka tunjukkan tersebut akan melakukan berbagai uji coba sebelum siap diproduksi 2 tahun lagi.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!