Rivian R1T, Pickup Elektrik Pertama yang Masuk ke Jalur Produksi

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Dengan semakin berkembangnya pasar mobil listrik maka semakin banyak pula pabrikan yang masuk ke dalamnya. Maka tak heran pada akhirnya para pabrikan ini saling berlomba-lomba untuk dapat merajai pasar yang masih baru ini. Salah satunya adalah pasar truk pikap listrik yang memang masih belum ramai.

Pasar yang ramai di Amerika Serikat ini awalnya telah mendapat beberapa penantang seperti Tesla Cybertruck, GMC Hummer EV, Ford F-150 Lighting, dan Dodge RAM 1500. Beberapa pendatang baru juga ikut meramaikan seperti Rivian R1T, Lordstown Endurance, Canoo Electric Pickup Truck, dan Alpha Wolf.

Meskipun pabrikan-pabrikan di atas telah memperkenalkan mobil pikapnya, namun semuanya masih berada di tahap prototipe. Dan pada akhirnya Rivian R1T menjadi pemenang dari perlombaan ini dengan berhasil memulai proses produksi dari pikap elektriknya tersebut.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh sang CEO dari Rivian, RJ Scaringe lewat cuitanya di Twitter. Dirinya menjelaskan bahwa setelah beberapa bulan memang mobil pre-produksinya, akhirnya mereka memulai produksi mobilnya. Dirinya juga memuji para karyawan yang telah membawa hal ini menjadi kenyataan.

Rivian R1T sendiri awalnya diperkenalkan pada 2018 lalu di gelaran Los Angeles Auto Show. Pikap elektrik ini awalnya diproyeksikan untuk mulai diproduksi pada 2020 lalu. Namun tentunya dikarenakan adanya pandemi rencana perusahaan tersebut akhirnya molor hingga ke kuartal ketiga dari 2021.

Untuk mendukung produksinya yang telah mulai berjalan, Rivian juga menyatakan bahwa mereka akan membuat event perkenalan di seluruh Amerika Serikat. Sehingga nantinya para calon pembeli dapat melihat langsung dan bahkan menjajal mobilnya selama 7 hari atau 1.600 km sebelum memutuskan untuk membeli atau mengembalikannya.

Rivian R1T ini akan mendapatkan edisi pertama yang dinamai Launch Edition yang akan memiliki harga mulai $73.000 atau sekitar Rp1 miliar. Sedangkan varian lainnya yaitu Adventure dan Explore akan dirilis tahun depan dengan harga yang lebih murah yaitu $67.500 atau Rp962 juta.