Ricky Elson Luruskan Masalah Gagal Uji Emisi dan Ajak Masyarakat Memantaskan Diri

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Jauh sebelum era mobil listrik luar negeri memasuki Indonesia dahulu memang sempat muncul inisiasi pengembangan mobil listrik lokal. Proyek tersebut diadakan oleh BUMN yang kala itu dipimpin oleh Dahlan Iskan dan salah satunya dikerjakan oleh Ricky Elson.

Sayangnya, meskipun berhasil membuat prototipe namun proyek ini terhenti pasca berbagai insiden. Salah satu rumor yang muncul dahulu adalah mobil-mobil listrik yang dikembangkan tersebut gagal uji emisi. Pernyataan yang mengganjal ini bertahan cukup lama. Dan 6 tahun setelah insiden tersebut Ricky Elson akhirnya menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

Lewat livestream di akun Instagram pribadinya, Ricky Elson menceritakan secara runtut bagaimana awal mula kabar mobil listrik gagal uji emisi tersebut terjadi. Ricky akhirnya menjelaskan bahwa mobil prototipe tersebut sebenarnya gagal dalam uji layak jalan, bukan uji emisi. Bahkan tidak pernah ada uji emisi untuk mobil listrik.

Dirinya juga mengajak masyarakat Indonesia untuk melupakan isu gagal uji emisi tersebut dan lebih berfokus pada persiapan ke depannya. Ricky menyebut bahwa untuk masuk ke mobil listrik memang sangat berat. Namun ada potensi-potensi besar lain yang bisa digali seperti kapal listrik dan bahkan pesawat listrik.

Pemerintah diharapkan membantu mempermudah masyarakat untuk mengadopsi kendaraan listrik

Presiden Jokowi menghadiri groundbreaking pabrik baterai listrik Hyundai

Pemerintah juga diharapkan mampu menyediakan baterai-baterai kendaraan listrik yang dapat terjangkau oleh masyarakat luas lewat konsorsium pabrik baterai listrik Hyundai-LG yang tengah dibangun. Sehingga masyarakat bisa mengembangkan kendaraan listriknya sendiri.

Ricky juga mengatakan potensi besar lainnya ada pada konversi kendaraan listrik. Dan meminta agar pemerintah sesegera mungkin untuk melegalkan hal tersebut. Serta menyebarkan izin untuk mengkonversi tersebut ke lebih banyak bengkel di seluruh Indonesia.

Mobil listrik Selo

Selain itu, Ricky juga meminta para orang tua untuk mempersiapkan anak muda Indonesia. Agar nantinya mampu dan pantas berkiprah di dalam industri mobil listrik. Supaya nantinya dapat mengambil ‘bagian kue’ dari industri mobil listrik ini untuk Indonesia.

“Proses transisi ke kendaraan listrik ini bukan proses setahun dua tahun. Dan hal ini akan diawali dengan orang-orang yang akan tertarik saja dulu,” ujarnya mengenai bagaimana penerimaan masyarakat yang masih takut dan skeptis untuk beralih ke kendaraan listrik. Namun seiring waktu dengan semakin banyaknya pengguna maka teknologi ini juga akan bisa semakin diterima.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!