Renault Akan Segera Gantikan ZOE dengan Renault 5

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Menjadi salah satu mobil listrik paling populer di Eropa ternyata tidak ingin membuat Renault merasa nyaman dengan keberhasilan ZOE. City Car elektrik mereka tersebut memang sudah mengaspal sejak 2012. Membuatnya ZOE hampir berumur 10 tahun sekarang.

Selama masa baktinya, ZOE telah mengalami beberapa upgrade dan refresh. Yang membuatnya terus menarik lebih banyak pengendara untuk beralih ke mobil listrik. Menurut data yang didapat Inside EV, ZOE berhasil terjual sebanyak 300.000 unit di seluruh Eropa.

Renault Zoe

Namun tuntutan efisiensi agar dapat menekan harga membuat Renault harus menyudahi ZOE dan beralih ke Renault 5 yang baru mereka umumkan. Mobil baru ini menggunakan platform khusus mobil listrik bernama CMF-EV yang dikembangkan bersama Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance.

Dengan platform gabungan baru ini, Renault mengharapkan mereka dapat menekan biaya produksinya. Bahkan diklaim hanya akan menjadi sepertiga dari ZOE. Dengan turunnya biaya produksi tentu diharapkan juga Renault nantinya dapat membuat Renault 5 memiliki harga yang lebih bersaing dan menarik di pasar mobil listrik.

Sebelumnya Renault juga telah mengumumkan Megane Elektrik yang menjadi mobil pertama mereka yang menggunakan platform CMF-EV ini. Dan ke depannya, semua mobil listrik baru yang dikembangkan oleh Renault akan menggunakan platfrom ini.

Renault 5 yang akan menggantikan ZOE

Pergantian ini memang dipilih karena ZOE dianggap sudah tidak mampu mempertahankan posisinya. Apalagi harus berhadapan dengan model-model yang lebih baru dan segar seperti Tesla Model 3 dan kawan senegaranya Peugeot e-208.

Namun bagi para pengendara yang memiliki atau akan membeli ZOE tidak perlu khawatir karena mobil ini masih akan aktif hingga 2024 mendatang. Yang berarti masih ada waktu 3 tahun lagi sampai akhirnya ZOE resmi digantkan dengan Renault 5.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!