Range Rover Terbaru Hadir dengan Pilihan Hybrid, Varian Elektrik Menyusul

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Pabrikan SUV asal Inggris, Land Rover kini memperkenalkan generasi kelima dari SUV mewah legendarisnya yaitu Range Rover. Mobil yang ikonik lewat desain boxy-nya yang terus dipertahankan sejak 1969 ini kini mendapat penyegaran yang membuatnya semakin modern.

Mobil ini menggunakan arsitektur sasis baru dan juga menjanjikan perubahan paling radikal terutama untuk sisi teknis dan fitur. Secara proporsi Range Rover tetap mempertahankan proporsi khasnya dengan beberapa ubahan yang membuat tampilannya semakin minimalis dan tampak mewah.

Perubahan desain yang terjadi memang tidak terlalu radikal bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang dirilis pada 2013. Namun keputusan Land Rover menghilangkan garis-garis desain yang tidak diperlukan membuat generasi terbaru ini tampil lebih futuristis.

Untuk sekarang, Land Rover menyediakan dua trim hybrid untuk Range Rover terbaru ini. Kedua model yang memiliki nama P440e dan P510e ini mengkombinasikan mesin 3.000cc dengan motor listrik bertenaga 140 daya kuda. Range Rover hybrid ini juga memiliki baterai sebesar 38,2kWh.

Dua varian hybrid Range Rover ini nantinya dapat dikendarai menggunakan baterai secara penuh hingga jarak 80-100 km. Terlepas dari bodinya yang bongsor, mobil ini juga masih mampu mencapai top speed 140 km/jam pada mode elektrik.

Selain pilihan trim, Range Rover juga dihadirkan dalam dua varian hybrid yaitu MHEV (Mild-Hybrid Electric Vehicle) dan juga PHEV (Plug-In Hybrid Electric Vehicle). Seperti namanya, MHEV menyediakan kepraktisan tanpa perlu mengecas baterai karena tenaga listrik didapat dari pengereman. Sedangkan PHEV mengharuskan pemilik untuk mengisi ulang baterai disamping mengisi bahan bakar.

Terakhir, Land Rover juga menjanjikan varian elektrik penuh atau BEV. Namun varian elektrik ini baru akan tiba pada 2024 mendatang. Sayangnya, pihak Land Rover belum memberikan detail mengenai Range Rover elektrik ini.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!