Presiden Jokowi Ingin Indonesia Jadi Produsen Baterai dan Mobil Listrik

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Dalam Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-26 yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa 10 Agustus kemarin. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan bahwa jangan sampai pengembangan teknologi mobil listrik di Indonesia berhenti hanya pada tambang nikel saja.

Beliau mengatakan bahwa pengembangan juga mesti dilakukan di industrik hilir mulai pengolahan nikel menjadi baterai lithium hingga ke produksi mobil listrik. Program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) harus benar-benar dilaksanakan. Sehingga ada nilai tambah dengan memanfaatkan teknologi sampai pada produksi kendaraan listrik.

Jokowi memproyeksikan bahwa masa depan industri energi akan mengarah pada pengurangan emisi karbon. Sehingga, Indonesia patut segera menyiapkan rantai pasok di dalam negeri agar nantinya tidak tertinggal dengan negara-negara lain.

Selain baterai, Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Perindustrian juga telah menetapkan peta jalan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Yang menargetkan adanya produksi 600 ribu unit mobil listrik dan 2,5 juta unit sepeda motor listrik pada tahun 2030.

Pemerintah juga akan ikut membantu mengejar target tersebut dengan membeli 500-an ribu unit mobil dan motor listrik secara bertahap. Mobil dan motor listrik tersebut akan digunakan sebagai kendaraan dinas hingga 2030. Untuk taun ini, Kemenperin mengungkap akan membeli 13 ribu mobil listrik an hampir 40 ribu motor listrik sebagai kendaraan dinas.

“Arahnya menuju green economy sudah sangat jelas. pasar dunia akan mengarah pada green product terutama yang low carbon, resources efficient, dan socially inclusive. Demikian dengan halnya digital economy, sekali lagi, kuncinya adalah teknologi,” ujar Jokowi.

Indonesia juga tengah bersiap dalam pembangunan pabrik baterai yang merupakan joint venture antara Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution. Disamping juga mempersiapkan pabrik untuk Indonesia Battery Corporation (IBC) yang akan menjadi pabrik baterai milik negara.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!