Porsche Tampilkan Visi Mereka untuk Mobil Balap Elektriknya di Masa Depan

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Sebagai bagian dari tuan rumah, Porsche juga ikut meramaikan Munich Motor Show 2021 dengan membawa salah satu konsepnya yang diberi nama Porsche Mission R yang memberikan pandangan masa depan tentang mobil balap elektrik mereka. Sekaligus menjadi gambaran bagaimana generasi berikutnya dari mobil produksi mereka.

Konsep ini dipercaya merupakan versi balap dari Porsche Cayman di masa depan. Hal ini dikarenakan Pimpinan Divisi Desain Porsche, Michael Mauer menjelaskan bahwa yang mereka tampilkan ini bukan hanya sekedar mobil balap baru.

“Mobil balap kostumer kami selalau dibuat berdasarkan mobil sport yang diproduksi” Ungkap Michael. “Yang berarti dalam kasus Mission R ini adalah mobilnya dibuat dengan beberapa petunjuk kepada model produksinya di masa depan”

Mission R sendiri memang tampil agresif dengan body kit rendah dan lebar, plus dengan spoiler besar yang membentang di belakang. Namun bila semua tambahan tersebut dihilangkan, maka memang akan sedikit terlihat bahwa Mission R ini nantinya akan menjadi generasi masa depan dari Cayman dan juga Boxter.

Namun untuk mobil ini, Porsche tidak memberikan spesifikasi untuk jalanan. Melainkan spek balap dengan dua motor listrik yang menggerakkan semua roda dengan tenaga mencapai 1.073 daya kuda. Tenaga tersebut dibagi dengan distribusi tenaga 40% pada roda depan dan 60% pada roda belakang. Mobil ini mampu melesat hanya dalam 2,5 detik dan diklaim dapat melaju hingga 300 km/jam.

Konsep unik yang menggabungkan balapan dan esport

Porsche tidak menjelaskan berapa besar baterai yang akan dimiliki oleh Mission R ini. Namun mereka menjelaskan bahwa baterainya menggunakan teknologi oil-cooled yang dapat bertahan hingga 30 menit. Serta telah menggunakan teknologi 900 volt yang memungkinan diisi dari 5 ke 80% hanya dalam 15 menit.

Menariknya, Porsche juga menyebut bahwa mobil konsepnya ini adalah peleburan antara balapan sesungguhnya dengan esport. Hal ini dikarenakan modul kabin untuk pengendara dari Mission R juga berfungsi sebagai emulator esport. Sehingga ketika tidak berada di lintasan, para pengemudi masih bisa tetap berlatih menggunakan game emulator.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!