Piech GT, Mobil Sport Elektrik Bergaya ‘British’ untuk 2024 Mendatang

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Inggris tentunya ikonik dengan mobil-mobil sport bergayanya seperti Aston Martin, Jaguar, Lotus, TVR, dll. Maka tentunya tidak mengherankan bila perusahaan mobil lain terinspirasi dari style-style mobil Inggris. Mengingat beberapa perusahaan di Inggris juga berkolaborasi menghadirkan Aura Concept.

Salah satu perusahaan lain yang kelihatannya ikut terinspirasi adalah Piech Automotive, startup asal Swiss ini tengah mempersiapkan mobil coupe pertamanya yang diberi nama Piech GT. Dan terlihat dari pandangan pertama mobil ini mengambil banyak inspirasi dari mobil-mobil sport Inggris.

Piech GT memang tampil cukup berkelas dengan proporsi layaknya Aston Martin Vantage atau TVR Griffith. Ditambah dengan beberapa elemen retro seperti lampu depan membulat serta bodinya yang minim garis. Sedikit mengingatkan mobil ini terhadap Porsche.

Dan yang cukup mengejutkan adalah fakta bahwa pemilik dari Piech Automotive ini, yaitu Toni Piech merupakan cicit dari mendiang Ferdinand Porsche. Sehingga cukup masuk akal bila akhirnya Piech membuat mobil dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan Porsche.

Namun terlepas dari penampilan mobilnya yang cukup ‘eye-catching’ Piech GT juga mengedepankan teknologi dan performa yang diusungnya. Coupe elektrik ini akan dilengkapi dengan satu motor menggerakkan as roda depan, sedangkan dua motor menggerakkan roda belakang.

Piech mengklaim bahwa kombinasi motor tersebut akan menghasilkan tenaga 600 daya kuda, dan dapat meluncurkan mobilnya dari 0 ke 100 km/jam dalam 3 detik saja. Mobil ini memiliki bobot hanya 1.800 kg yang membuatnya jauh lebih ringan dari mayoritas mobil listrik.

Bobot ringan tersebut berhasil didapat berkat teknologi ‘pouch cell’ milik perusahaan asal China Desten. Teknologi tersebut membuat baterai mobil ini lebih ringan, lebih dingin, dan diisi dengan lebih cepat. Membuat mobil ini dapat disii dari 0 hingga 80% hanya dalam 8 menit. Dan menempuh jarak maksimal hingga 500 km dalam sekali isi daya.

Piech GT ini ditargetkan untuk meluncur pada pertengahan 2024 mendatang. Masih belum diketahui berapa harga yang akan dibanderol untuk mobil ini.