Pabrikan Asal Perancis ini Buat Skuter Listrik Bertenaga Hidrogen

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Kendaraan listrik bertenaga hidrogen atau yang juga sering juga disebut fuel-cell memang masih belum banyak. Meskipun sudah ada beberapa seperti Toyota Mirai, Honda Clarity, Hyundai Nexo, dll. Dan kini skuter listrik bertenaga hidrogen akhirnya juga dibuat.

Skuter tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan teknologi asal Perancis bernama Mob-ion. Perusahaan ini bergerak di banyak bidang namun berfokus pada solusi mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan. Dan lewat prototipe terbarunya, Mob-ion memperkenalkan AM1 yang merupakan skuter bertenaga hidrogen.

Prototipe ini merupakan hasil kerja sama mereka dengan STOR-H, yang merupakan perusahaan solusi energi berbasis hidrogen. Dan dibuat sebagai opsi transportasi perkotaan yang lebih ramah lingkungan.

Secara tampilan Mob-Ion AM1 tampil layaknya skuter listrik biasa. Dengan desain ala skuter vespa yang juga diadopsi oleh banyak skuter di dunia. Namun tentunya dengan pendekatan desain yang lebih modern dengan desain lampu depan segi enam. Dan juga bagian buritan belakang yang lebih mengotak.

Hal yang berbeda baru terlihat ketika jok motor dibuka. Karena tidak akan ada baterai ataupun colokan charger. Namun akan menemui 2 buah lubang yang nantinya akan digunakan untuk memasukkan tabung hidrogen. Tampilannya sendiri sedikit mengingatkan arc-reactor milik Iron Man, ataupun reaktor dari film-film fiksi ilmiah.

Teknologi fiksi ilmiah yang akan menjadi kenyataan

Tabung hidrogen tersebut nantinya bisa dicopot-pasang dengan mudah serta punya ukuran yang jauh lebih kecil daripada baterai. Hal tersebut membuat Mob-Ion AM1 diklaim punya bobot yang jauh lebih ringan dan punya lebih banyak ruang penyimpanan.

Gas hidrogen yang disimpan dijamin akan aman dan stabil, dimana ketika diaktifkan gas tersebut direaksikan dengan oksigen di udara. Hingga akhirnya dapat memproduksi listrik untuk menggerakkan motornya. Teknologi fuel-cell milik Mob-Ion ini diklaim mampu memastikan bahwa setiap selnya beroperasi seefisien mungkin.

Mob-Ion AM1 dibekali dengan motor sebesar 3KW yang mampu membuat motornya melaju hingga 45 km/jam. Dan mampu menempuh jarak hingga 140 km. Targetnya, skuter listrik ini akan dirilis pada 2023 mendatang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!