Pabrik Baterai Mobil Listrik Hyundai Akhirnya Mulai Dibangun

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah sebelumnya telah dikabarkan telah meneken MoU kerja sama, pabrik mobil listrik milik Hyundai dan LG yang akan bernama PT. HKML Battery Indonesia ini akhirnya resmi mulai dibangun. Dalam peresmian groundbreaking pabrik yang berada di Karawang Jawa Barat tersebut turut hadir juga Presiden Joko Widodo.

“Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai listrik pertama di indonesia. Dan bahkan yang pertama di Asia tenggara,” ungkap Jokowi saat meresmikan pembangunan yang dimulai pada Rabu, 15 September 2021 lalu.

Dengan nilai investasi sebesar USD 1,1 miliar atau Rp15,6 triliun. pabrik yang merupakan joint venture antara Hyundai Motor Group, LG Energy Solution, dan juga Indonesia Battery Corporation (IBC) ini menargetkan produksi sebesar 10 giga watt per jamnya.

Presidon Jokowi juga menjelaskan bahwa proyek ini merupakan salah satu upaya pemerintah mendorong penghiliran industri. Impian untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri hilir berbasis pengembangan teknologi. Beliau juga optimis bahwa dalam beberapa tahun mendatang Indonesia akan menjadi produsen utama barang jadi berbasis nikel.

Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung juga ikut menghadiri seremonial tersebut secara virtual. Dirinya mengatakan bahwa keberadaan pabrik ini menjadi fokus perusahaan untuk dapat memimpin pasar kendaraan listik global.

“Dimulai dari kehadiran pabrik ini, ekosistem kendaraan listrik akan dapat sukses terbangun di Indonesia seiring dengan pengembangan dari berbagai industri terkait,” ungkap Chung dalam keterangan resminya.

Dirinya juga berharap Indonesia nantinya dapat memainkan peran penting di pasar kendaraan listrik ASEAN. Pabrik seluas 330.000 meter persegi ini ditargetkan selesai pada semester pertama tahun 2023 dan memulai produksi masalnya pada awal 2024.

Nantinya sel baterai yang diproduksi di pabrik ini akan digunakan di mobil-mobil listrik Hyundai dan KIA yang dibangun di atas platform E-GMP mereka.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!