Opel Rocks-e, Ketika Microcar Citroen Ami EV Dibawa Ke Jerman

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Mobil mikro atau microcar mungkin memang tidak selalu menjadi primadona untuk pasar mobil listrik. Namun kesuksesan Wuling Hongguang Mini EV di pasar China tentunya memang membuat pabrikan mobil penasaran untuk terjun ke dalam pasar microcar.

Seperti yang dilakukan oleh Opel Rocks-e yang me-rebadge microcar buatan Perancis, Citroen Ami untuk dapat dibawa ke Jerman. Uniknya menurut peraturan Uni Eropa, Ami diklasifikan sebagai quadricycle atau motor beroda empat daripada mobil.

Citroen Ami atau Opel Rocks-e ini memang memiliki dimensi yang lebih kecil bahkan dibandingkan dengan Wuling Mini EV. Dengan panjang 2,41 meter, lebar 1,39 meter, dan tinggi 1,52 meter mobil listrik mungil ini tampil unik sekaligus berbeda dari yang lain.

Opel sendiri tidak mengubah bagian apapun dari mobil ini kecuali untuk badge-nya. Sehingga bisa dibilang mobil ini masih identik dengan saudaranya di Perancis. Sehingga berita baiknya bahwa fitur penggantian panel bodi dengan mudah bisa dilakukan antara Rocks-e dengan Ami.

Selain itu pintu ‘suicide‘ alias terbuka ke belakang juga masih dipertahankan. Lanjut membicarakan desainnya lebih jauh, Rocks-e memang memiliki styling yang cukup unik dan mungkin bukan selera bagi semua orang. Mobil ini memiliki desain muka dan belakang yang serupa dengan pembeda pada warna kaca lampunya, dan juga pada pilar greenhouse yang lebih tebal untuk bagian belakang.

Minimalis namun tetap fungsional

Interior dari Rocks-e tampil minimalis dan juga futuristis. Dengan mayoritas bagian berwarna hitam, dengan aksen cerah sesuai dengan warna eksterior yang membuat interiornya terasa sedikit terang. Instrumen digital yang dipasang pun minimalis, dengan absennya layar hiburan yang ada di tengah.

Namun memang mobil seperti Rocks-e tidak menjanjikan kemewahan namun memang fungsionalitas dan minimalistis. Seperti ukurannya, motor listrik yang dipasang pada mobil ini juga mungil yaitu 6 kW dan menghasilkan 8 daya kuda. Yang mungkin terlihat sangat kecil, namun cukup untuk dapat membuat mobil ini melaju hingga 45 km/jam.

Baterai yang dipasangkan pada mobil ini juga mungil yaitu 5,5 kWh yang membuatnya mampu menempuh jarak maksimal 75 km. Dengan kemampuan mirip motor listrik tersebut maka cukup masuk akal bila Uni Eropa mengkategorikannya sebagai motor roda empat.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!