Motor Listrik Lokal Katalis Kini Jalin Kerja Sama dengan Baterai ABC

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia memang masih belum sekencang yang diharapkan. Namun setidaknya para pelaku industri lokal masih terus berjuang untuk mempopulerkan kendaraan listrik lokal.

Salah satunya adalah Katalis Company, firma desain lokal yang juga membuat motor listrik ini juga menunjukkan keseriusannya untuk menggarap pasar baru di Indonesia ini.

Lewat pengumuman terbarunya, Katalis Company mengumumkan kerja sama dengan perusahaan baterai lokal PT International Chemical Industry (ABC Lithium) untuk mendorong pertumbuhan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia pada 12 Agustus lalu.

Ke depannya, seluruh produk kendaraan listrik yang dibuat oleh Katalis Company akan menggunakan baterai buatan ABC sebagai sumber energi listrik penggeraknya.

“Kami sangat bersyukur hari ini kami mendapatkan dukungan dari pihak ABC Lithium yang nantinya produk mereka akan kami terapkan ke produk-produk motor listrik kami”, ungkap Chief Executive Officer Katalis, Gunanjar Barokah.

Fokus utama kedua pihak adalah untuk menawarkan produk bernuansa lokal yang mampu memberikan rasa nyaman kepada para konsumen di Indonesia. Dan melihat bahwa baterai adalah salah satu komponen terpenting di kendaraan listrik. Maka ABC menjanjikan baterai dan juga sel lithium yang dibuat khusus untuk kendaraan listrik dan sudah memenuhi standar internasional.

Marketing Director dari baterai ABC juga berharap dengan adanya kolaborasi ini mampu meningkatkan daya saing. Serta dapat mendorong produktivitas industri kendaraan listrik lokal. Mereka berharap kolaborasi lokal tersebut dapa memberikan kenyamanan kepada konsumen hingga ke purna jual yang mudah.

Selain dengan baterai ABC, Katalis ternyata juga berencana untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Salah satunya adalah produsen komponen otomotif lokal yaitu PT Matra Roda Piranti. Yang bertujuan agar dapat meningkatkan jumlah produksi dari motor Katalis.

“Kami benar–benar ingin memajukan Industri kendaraan listrik di Indonesia. Upaya-upaya semacam ini akan terus kami lakukan agar ekosistemnya terbentuk.” Pungkas Chief Research Officer Katalis, Bimokumoro.