Motor Listrik Konsep Ini Dapat Dilipat Sebesar PC

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Minibike atau skuter lipat mungkin memang bukan jenis kendaraan roda dua yang populer di Indonesia. Namun untuk beberapa negara dengan ruang gerak sempit seperti Jepang skuter lipat ini sempat menjadi trend. Honda Motocompo tentu adalah salah satu yang paling terkenal.

40 tahun setelah Motocompo dirilis, Honda memang belum menawarkan generasi terbaru untuk skuter lipat ini. Meskipun Honda sebelumnya telah kedapatan mematekan nama ‘Motocompacto‘. Kekosongan inilah yang sepertinya membuat startup asal Jepang, ICOMA yang membuat konsep skuter lipatnya sendiri dengan nama Tatamel Bike Concept.

Sangat terlihat bahwa minibike elektrik ini mengambil inspirasi dari Motocompo, namun mereka juga mernawarkan pelipatan yang sangat ringkas. ICOMA Tatamel Bike ini dapat dilipat hingga ukuran 1.230 mm x 1.000 dengan lebar 650 mm. Hal ini membuatnya seukuran PC sehingga memungkinkan minibike ini disimpan di bawah meja.

Dengan bodinya yang sangat mini dan ringkas, maka kita juga tidak dapat mengharapkan performa super dari minibike ini. ICOMA Tatamel akan memiliki kecepatan puncak kurang dari 40 km/jam. Untuk tenaganya disematkan baterai lithium iron phospate berkapasitas 12Ah yang dapat memberikan jarak tempuh sekitar 50 km.

Namun tentunya pengisian daya bukan menjadi masalah besar bagi skuter mungil ini, karena dia bisa langsung dilipat dan diisi daya selama kerja ataupun di rumah layaknya perangkat elektronik.

Sayangnya, minibike ini masih dalam pengembangan hingga sekarang. Pihak ICOMA bahkan mengatakan bahwa spesifikasi yang mereka tuliskan sekarang di website mereka bisa saja berubah ketika memasuki produksinya nanti. Mereka juga masih belum memberikan tanggal pasti kapan Tatamel Bike ini akan mulai diproduksi masal.

Di Indonesia sendiri minibike atau skuter lipat telah mulai muncul. Beberapa model seperti Katalis Spacebar dan Villano EV Pocket. Mungkin saja model-model seperti ini nantinya akan diminati di Indonesia.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!