Mobil Listrik Ternyata Diminati Hampir Separuh Masyarakat Indonesia

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Geliat perkembangan mobil listrik di Indonesia memang tidak terlalu terlihat. Apalagi ditambah dengan adanya keringanan pajak untuk mobil-mobil bermesin bensin yang membuat masyarakat Indonesia semakin tidak menganggap keberadaan mobil listrik sebagai solusi transportasi, setidaknya untuk saat ini.

Namun dibalik itu ternyata minat masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik terbilang cukup tinggi. Hal ini terbukti dari survey yang dilakukan oleh perusahaan riset Milieu Insight (via AntaraNews) yang menunjukkan bahwa hampir separuh masyarakat Indonesia atau tepatnya 47% berminat terhadap mobil listrik dan mobil hybrid.

Sebagai perbandingan, negara tetangga Malaysia ternyata hanya memiliki peminat sebanyak 39%. Membuat Malaysia menjadi negara Asia Tenggara dengan minat terendah terhadap kendaraan listrik. Sedangkan minat tertinggi ternyata dimiliki oleh Singapura dan Thailand yang sama-sama mencapai 56%.

Pihak Milieu Insight juga melakukan wawancara lebih lanjut mengenai apa alasan orang-orang tidak mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik. Hampir mayoritas responden di berbagai negara mengutarakan bahwa masih terlalu sedikitnya stasiun pengisian daya menjadi alasan utama.

Di Indonesia sendiri, harga menjadi perhatian utama bagi para konsumen Indonesia yang mencapai 47%. Dan dapat dipahami dikarenakan hingga saat ini mobil-mobil listrik yang tersedia di pasar Indonesia masih dibanderol cukup mahal yaitu sekitar Rp500 jutaan ke atas. Padahal pasar otomotif paling ramai di Indonesia berada di kisaran Rp200-300 jutaan.

Selain dua alasan tersebut waktu isi ulang yang lama juga menjadi perhatian utama, tertutama di Filipina yang mencapai 50%. Untuk saat ini mayoritas mobil listrik memang membutuhkan waktu isi antara satu jam dengan pengisian fast charging. Dan mencapai tujuh jam menggunakan charger portabel.

Hal ini tentu menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia terutama untuk PLN dan Pertamina harus berfokus pada infrastruktur. Terutama untuk penyebaran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ke berbagai daerah.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!