Mobil Listrik Ramai di Internet, Namun Motor Listrik Lebih Laris Terjual

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia ternyata menunjukkan fakta yang cukup mengejutkan. Bila dalam beberapa tahun terakhir pabrikan-pabrikan mobil yang terlihat yang paling agresif melakukan penetrasi ke pasar otomotif Indonesia.

Namun fakta di lapangan ternyata menunjukkan bahwa sebenarnya motor listrik lah yang paling laris terjual di Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Forum Energizing Indonesia (FEI) pada hari Rabu silam.

“Saat ini yang ramai di sosial media seolah-olah mobil listrik ramai. Padahal yang banyak di Indonesia justru adalah motor listrik,” Ungkap Taufik.

Lebih lanjut, Taufiek juga menjelaskan bahwa dari tahun 2015 hingga 2020 registrasi kendaraan listrik memang paling banyak didominasi oleh motor listrik. Tercatat sudah ada 2.010 motor listrik yang telah mengaspal di Indonesia. Sedangkan kendaraan roda 4 hanya 261 unit mobil listrik, dan juga 2 bus listrik.

Data tersebut tentu menunjukkan bahwa sebenarnya motor listrik sebenarnya jauh lebih laris di Indonesia daripada mobil listrik. Namun sayangnya naiknya popularitas mobil listrik secara cepat beberapa tahun ke belakang memang seakan menenggelamkan motor listrik.

Padahal Taufik juga mengibaratkan penerimaan masyarakat terhadap mobil listrik seperti pepatah ‘Lebih dahulu mana antara ayam dan telur’. Dimana banyak orang yang merasa bahwa pemerataan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang akan meningkatkan populasi mobil listrik.

Sedangkan para pengusaha otomotif justru melihat dari sudut pandang sebaliknya. Dimana ketika semakin bertambahnya populasi mobil listrik akan berdampak juga kepada pembangunan infrastruktut mobil listrik oleh pemerintah.

Dan yang terakhir permasalahan utama yang menjadi masalah adalah harga mobil listrik yang masih mahal. Sementara daya beli masyarakat Indonesia jutru tidak terlalu tinggi. Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!