Mobil Listrik Mungil Asal Rusia – Zetta Akhirnya akan Diluncurkan Tahun Ini

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Mengembangkan mobil listrik memang bukan sesuatu yang mudah. Apalagi bila itu adalah pengembangan pertama yang tentu akan menemui banyak masalah. Ditambah dengan kondisi beberapa tahun ini yang dihantam pandemi.

Seperti yang dialami oleh brand mobil listrik asal Rusia, Zetta yang sempet terkendala masalah internal. Termasuk efek dari pandemi dan masalah finansial. Namun tahun ini mereka yakin dapat meluncurkan produk pertama mereka.

Berita tersebut dikabarkan oleh Sputnik Internasional yang merujuk pada pernyataan Menteri Industri dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov.

“Zetta adalah mobil listrik terkecil, yang sedang dikembangkan dan sedang menjalani tes akhir. Kami berharap untuk dapat meluncurkan produksi pertamanya pada akhir tahun ini, ” Ungkap Manturov kepada RBK TV.

Rusia sendiri hampir mirip dengan negara lainya yang menargetkan bahwa setidaknya 10% dari total produksi mobilnya menjadi mobil elektrik pada 2030.

Zetta berencana akan membangun mobil listriknya sendiri di fasilitas milik mereka di Togliatti, yang memiliki kapasitas maksimal sebanyak 15.000 unit. Akan ada 3 versi mobil listrik yang akan dipersiapkan untuk diproduksi yaitu basic, medium, dan top-version.

Secara bentuk, Zetta muncul sebagai mobil kompak 3 pintu atau yang bisa juga disebut sebagai microcar. Desainnya cenderung mengotak dengan banyak lekukan yang membuatnya tampil tegas untuk ukuran mobil kecil.

Sayangnya, spesifikasi untuk mobil ini masih belum diumumkan. Kecuali beberapa hal seperti versi basic mobil ini akan memiliki baterai sebesar 10 kWh dan dapat menempuh jarak maksimal sejauh 200 km dalam sekali isi. Kecepatan maksimalnya pun tidak memalukan karena mampu mencapai 120 km/jam.

Zetta ditargetkan untuk menjadi mobil listrik paling murah dengan harga mobilnya mulai 550 ribu Ruble atau sekitar Rp 108 juta-an. Yang tentunya nanti akan bersaing ketat dengan Wuling Hongguan Mini EV yang punya harga dalam kisaran yang sama.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!