Mobil Listrik Kuasai Penjualan Mobil Norwegia, Tesla Paling Digemari

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Negara-negara di seluruh dunia saat ini tengah berlomba-lomba untuk segera dapat melakukan elektrifikasi kendaraan. Dan kelihatannya Norwegia menjadi salah satu negara pertama yang berhasil melaksanakan hal tersebut.

Dalam laporan terbarunya, Norwegia telah mencatat bahwa hampir 80 persen penjualan mobil dalam negerinya didominasi oleh mobil listrik. Bahkan dari data yang dirilis oleh insideevs.com September 2021 lalu merupakan bulan dengan penjualan mobil listrik tertinggi di sana.

Bahkan, penjualan bulan lalu tersebut memecahkan rekor penjualan mobil listrik sepanjang masa dengan 14.000 unit atau naik hingga 46% dari bulan sebelumnya. Hal tersebut akhirnya membuat pasar mobil listrik di sana mencapai 77,5% dari total mobil yang ada.

Tesla Model Y

Untuk modelnya sendiri yang paling laku pada September lalu adalah Tesla Model Y. SUV elektrik milik Tesla tersebut memang menunjukkan tren penjualan yang sangat positif di Norwegia dengan mampu terjual lebih dari 2.500 unit hanya dalam waktu 17 hari saja.

Hasilnya, Model Y kini langsung naik ke posisi 4 mobil listrik dengan jumlah unit terbanyak di Norwegia. Di posisi tiga ditempati oleh Ford Mustang Mach-E, kemudian ada Volkswagen ID.4 di posisi kedua. Dan Tesla Model 3 masih berada di puncak penjualan tertinggi.

Popularitas kendaraan listrik di Norwegia terjadi karena pemerintah setempat memberikan pembebasan pajak. Yang tentunya membuat penjualan kendaraan listrik di sana akhirnya meningkat dan bahkan mampu mengalahkan penjualan kendaraan berbahan bakar fosil.

Berkat penjualan mobil listriknya yang masif tersebut, Norwegia kini menjadi pemimpin global dalam transisi menuju kendaraan listrik. Dan bila Norwegia mampu menjaga tren tersebut maka kemungkinan besar mereka juga akan menjadi negara pertama yang mengakhiri penjualan mobil non-elektrik pada 2025 mendatang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!