Mobil Listrik Diprediksi akan Dominasi Dua per Tiga Penjualan Global Mobil pada 2040

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Semakin bertambah cepatnya perkembangan teknologi yang digunakan kendaraan listrik, semakin cepat pula adopsi kendaraan listrik yang dilakukan oleh berbagai negara. Dan bahkan diprediksi bahwa penjualan mobil di seluruh dunia akan didominasi mobil listrik pada 2040 mendatang.

Hal tersebut diprediksi dari data yang diolah oleh BloombergNEF. Dalam risetnya tersebut, BloombergNEF juga menuliskan bahwa kendaraan bensin telah mencapai puncaknya, sedangkan mobil listrik ke depannya akan semakin murah.

Sehingga diprediksi akan ada lonjakan tajam dari populasi mobil listrik yang hanya 3 juta unit di seluruh dunia pada 2020 lalu menjadi 66 juta unit pada 2040. Dimana mobil listrik akan menguasai dua per tiga pasar mobil dunia saat itu. Eropa dan China disebut akan menjadi pionir untuk transisi ini.

Di Eropa sendiri, harga mobil listrik sudah turun drastis yang bahkan sudah mulai mampu bersaing dengan mobil-mobil bensin. Terutama dari harga baterai yang memang kini semakin murah karena produksi, teknologi, dan juga permintaanya meningkat.

Meningkatnya permintaan terhadap baterai listrik di seluruh dunia juga menguntungkan negara-negara produsen baterai. Kita tentu mengetahui bahwa Indonesia juga berkeinginan untuk menjadi salah satu produsen besar baterai listrik.

Namun China masih menjadi negara yang mendominasi kapasitas produksi baterainya hingga 80% di seluruh dunia. Diikuti oleh Uni Eropa yang berusaha mengejar ketertinggalan mereka untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri di tahun 2025 mendatang.

Perkembangan teknologi baterai yang terjadi selama 10 tahun ini juga membuat jarak tempuh yang dapat dicapai oleh mobil listrik meningkat hingga rata-rata tiga kali lipat. Dari yang pada tahun 2012 rata-rata hanya mampu mencapai 166 km saja. Kini di tahun 2020 rata-rata telah mencapai 359 km.

BloombergNEF juga telah mendata bahwa hingga dalam sepuluh tahun ke belakang (2011-2021) jumlah model mobil listrik telah meningkat pesat yang awalnya kurang dari 100 model, kini telah naik lebih dari lima kali lipat hingga 500 model lebih.