Mitsubishi Akhirnya Resmi Luncurkan SUV Eletriknya, Airtrek

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah pada bulan Juni lalu telah digoda kemunculannya, Mitsubishi akhirnya secara resmi memperkenalkan mobil SUV bertenaga listriknya yang diberi nama Airtrek. Mobil ini diluncurkan pada Guangzhou Auto Show 2021 di China, dan akan dipasarkan secara eksklusif untuk pasar China.

Mitsubishi Airtrek merupakan SUV medium dan dikembangkan oleh Mitsubishi dengan basis dari Aion V milik GAC Motors. GAC Aion V sendiri telah diperkenalkan pada 2020 lalu. Dapat terlihat bahwa keduanya memiliki siluet yang hampir sama terlepas dari tampilan depan dan belakang yang jauh berbeda.

Layaknya mobil Mitsubishi yang lain, Airtrek tetap menggunakan bahasa desain “Dynamic Shield grille” yang dikombinasikan dengan lampu depan dan belakang LED berbentuk L. Karena Airtrek merupakan mobil listrik, grille besar yang ada di depan tetap dibuat tertutup.

Untuk interiornya, kemiripan antara Mitsubishi Airtrek dengan GAC Aion V semakin terasa karena banyaknya part yang digunakan bersama. Mulai dari bentuk kursi hingga ke konsol tengah masih menggunakan milik Aion V. Namun untuk dashboard, dari gambar yang ada kelihatannya Mitsubishi memberikan ubahan dengan memisahkan layar infotainment dan speedometer yang sebelumnya menyatu pada Aion V.

Untuk penggeraknya, Mitsubishi masih belum membeberkan spesifikasinya secara mendetail. Mereka hanya menyebutkan bahwa Airtrek akan dilengkapi dengan baterai sebesar 70 kWh. yang mampu menempuh jarak 520 km. Battery pack tersebut diletakkan di lantai mobil untuk memberikan center of gravity yang rendah dan distribusi bobot yang ideal.

Mitsubishi juga tidak membeberkan berapa tenaga yang nantinya akan dimiliki oleh Airtrek ini. Mereka hanya menyatakan bahwa motor, inventor, dan reduction drive telah diintegrasikan menjadi unit kompak yang ringan. Bila berkaca dari saudaranya, Aion V Plus memiliki tenaga antara 218 hingga 260 daya kuda.

Mitsubishi dan GAC memang telah melakukan joint venture terutama untuk produk-produk mereka yang dipasarkan di China. Dan keduanya tengah mempersiapkan Airtrek ini untuk mulai dijual pada musim semi 2022 mendatang.