MINI Urbanaut, Minivan Pertama MINI yang Akan Diproduksi

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

MINI Urbanaut mungkin memang bukan konsep yang benar-benar baru. Bahkan konsep ini telah diperkenalkan pada 2019 lalu. Namun pada gelaran IAA Mobility Show 2021 lalu mobil ini mendapatkan update bahwa BMW Group telah memberikan lampu hijau untuk minivan futurtis ini.

Berita tersebut disampaikan langsung oleh sang desainer, Oliver Heilmer (via CarScoops). Ia juga menjelaskan bahwa mereka masih membutuhkan waktu setidaknya 5 tahun hingga dapat diproduksi. Karena memang cukup banyak hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan konsep ini hingga siap diproduksi.

Urbanaut sendiri akan menjadi minivan sekaligus mobil pertama yang tidak mengikuti desain klasik Moris yang diterapkan pada semua model MINI. Reaksi positif dari seluruh dunia saat Urbanaut diluncurkan menjadi alasan kuat untuk membuat mobil ini menjadi line up masa depan MINI.

Selain itu, MINI juga menginginkan agar produk mereka dapat menarik minat tipe pembeli baru. Seperti keluarga besar yang membutuhkan ruang kabin luas yang fleksibel namun juga tetap memiliki ukuran yang kompak.

Dan Urbanaut diciptakan masih dengan spirit dan etos asli dari Issigonis Mini. Yaitu menggunakan ruang di dalam mobil secara cerdas, dengan cara mengisinya dengan apa yang penting.

Dalam konsepnya, Urbanaut memang berusaha memaksimalkan ruang dalam mobil berukuran 4,4 meter ini. Keempat rodanya berada di ujung mobil yang membuat interiornya menjadi lapang hingga dapat memiliki beberapa konfigurasi.

Desain kapsul yang diadaptasi Urbanaut memang membuat tampilannya menjadi fresh sekaligus tampil futuristis. Bodi luarnya tampil minimalis dan halus tanpa ada lekukan-lekukan yang dapat mempengaruhi volume kabin. Namun beberapa elemen dari MINI sebelumnya seperti lampu depan bulat serta bumper segi enam yang masih dipertahankan.

Akan menarik untuk melihat bagaimana para desainer dan insinyur dari MINI membawa konsep ini menuju jalur produksi. Dan semoga saja kita sudah dapat melihat prototip produksinya dalam beberapa tahun lagi.