McLaren Tunjukkan SUV Elektriknya yang Dibuat Khusus Balap

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Menyebut McLaren tentunya secara otomatis mengasosiasikan nama tersebut dengan mobil-mobil super seperti McLaren F1, McLaren P1, McLaren Senna, dll. Namun bagaimana bila akhirnya pabrikan asal Inggris tersebut membuat sebuah mobil SUV elektrik?

Untungnya Anda tidak perlu berangan-angan karena McLaren memang telah membuat sebuah SUV elektrik. Namun bukan untuk komersial melainkan untuk keperluan event balap Extreme E. Extreme E sendiri adalah event balap off-road yang menggunakan mobil-mobil balap elektrik.

Dan McLaren memang telah mengumumkan bahwa mereka akan mengikuti musim balap selanjutnya yang akan diadakan tahun depan. Dalam perkenalannya McLaren menunjukkan mobil balapnya yang menggunakan basis Odyssey 21 SUV yang memang menjadi mobil standar untuk event Extreme E ini.

SUV gagah tersebut dilebur dengan cat berwarna “Papaya Orange” dan juga hitam yang merupakan warna khas dari McLaren. Seluruh bodi mobil dipenuhi dengan livery dengan berbagai ornamen dan tulisan. Salah satu tulisan yang terlihat paling besar adalah kata-kata “Collaboration – Empowerment – Eco-systems

Dari yang diperlihatkan dalam pengumumannya, mobil Odyssey 21 yang digunakan tidak mendapatkan perubahan bentuk apapun dari McLaren. Begitu juga mesin elektrik di dalamnya yang telah mengikuti standar yang ditetapkan Extreme E.

Mobil ini sendiri menggunakan dua buah motor listrik dengan daya total 400 kW yang mengasilkan tenaga 500 daya kuda. Tenaga besar tersebut dapat membuat Odyssey 21 melaju dari 0-100 km/jam dalam 4,5 detik saja. Baterainya berkapasitas 54 kWh dan dibuat khusus oleh Williams Advanced Engineering.

Hal tersebut berarti mengubur kemungkinan bahwa mobil yang digunakan di Extreme E ini merupakan mobil konsep yang akan menjadi cikal bakal mobil SUV elektrik pertama McLaren. Apalagi memang bukan hal yang aneh bagi pabrikan mobil super untuk membuat sebuah SUV. Namun bukan tidak mungkin keikutsertaan McLaren ini menjadi titik awal pengembangannya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!