Lucid Air Dream Edition Berhasil Pecahkan Rekor Jarak Tempuh Terjauh

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Salah satu target yang terus dikejar oleh semua mobil listrik tentunya adalah jarak terjauh yang dapat ditempuh tanpa mengisi daya. Dan pabrikan mobil listrik asal Amerika, Lucid Motors akhirnya menorehkan sejarah dengan mencetak rekor jarak terjauh baru untuk mobil listrik.

Rekor ini akhirnya disahkan setelah pengumuman hasil tes dari Badan Pengawas Lingkungan Amerika (EPA). Seri flagship Lucid Air Dream Edition berhasil menempuh jarak 836 km dalam sekali isi daya. Jarak tersebut dapat diraih dengan menggunakan pelek berdiameter 19 inci. Sedangkan bila menggunakan pelek 21 inci, jaraknya akan turun ke 774 km.

Mengikuti di belakangnya, Lucid juga berhasil membawa varian “lebih terjangkau” dari Lucid Air yaitu Grand Touring menjadi runner-up. Mobil yang punya tenaga mesin lebih kecil ini berhasil menempuh jarak 754 km.

CEO Lucid Motors, Peter Rawlinson mengungkapkan kegembiraan atas apa yang berhasil dicapai oleh perusahaannya,. Terlebih dengan berhasil mencetak rekor baru untuk jarak terjauh mobil listrik. Dan menyebut bahwa mobil mereka tersebut adalah mobil listrik ‘next-gen’.

“Yang terpenting adalah pencapaian ini dapat diraih oleh teknologi in-house milik Lucid, bukan hanya sekedar memasang baterai besar,” ungkap Peter. “Baterai 900 volt dan teknologi sistem manajemen baterai kami sudah teruji. Unit penggerak mini, yang digabungkan dengan teknologi Wunderbox kami memberi Lucid Air efisiensi super. Memungkinkannya melakukan perjalanan lebih jauh dengan energi baterai yang lebih irit.” Lanjutnya.

Rekor yang dicetak Lucid Air ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Tesla Model S Long Range dengan 651 km. Serta SUV elektrik baru Rivian R1T yang mampu menempuh 643 km.

Meskipun pencapaiannya sangat menakjubkan, namun Lucid Air merupakan sebuah mobil listrik flagship dengan rentang harga yang tidak kalah menakjubkan. Seri dasarnya, Grand Touring memiliki harga $133.000 atau Rp1,8 miliar. Sedangkan seri tertingginya Dream Edition dibanderol $163.000 atau Rp2,3 miliar. Yang tentunya jauh dibandingkan Tesla Model S dan Rivian R1T yang berada di bawah $100.000.