Lamborghini Hidupkan Model Legendaris Countach Menjadi Supercar Hybrid

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Menghidupkan kembali model lama memang bukan ciri khas dari brand supercar dan hypercar asal Italia – Lamborghini. Namun akhirnya mereka menggebrak tradisi tersebut dengan membawa kembali salah satu supercar paling ikonik mereka dari tahun 80-an, Countach.

Setelah berbagai teaser dan bocoran yang muncul di dunia maya, Lamborghini akhirnya secara resmi mengumumkan Countach LPI 800-4. LPI pada namanya sendiri berarti “Longitudinale Posteriore Ibrido” yang mereferensikan powertrain hybrid-nya yang diletakkan memanjang ke belakang.

Lambo memang membuat mobil baru ini menjadi hybrid dengan menyematkan motor listrik berteknologi supercapacitor 48 volt. Namun sebagai sumber tenaga utama Lamborghini tetap mempertahankan mesin V12 6,5 liter. Kombinasi keduanya tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 802 daya kuda.

Dengan tenaga sebesar itu, Countach baru ini dapat melaju dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 2,8 detik. Lebih cepat hampir separuh dari akselerasi Countach original yang dalam 4,9 detik. Mobil ini punya kecepatan maksimal 355 km/jam. Membuatnya menjadi Countach paling kencang yang pernah ada.

Membicarakan desainnya, Countach baru ini memang mencoba mengikuti desain originalnya 30 tahun. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa detail desain yang terinspirasi dari desain originalnya. Seperti bagian depan yang mengkotak, lengkap dengan lampu depan berbentuk kotak seperti mobil aslinya.

Di bagian samping, Countach baru ini juga mengadaptasi bentuk air intake ikonik dari mobil aslinya. Namun di mobil baru ini bentuknya menadi lebih agresif dengan ukuran yang jauh-jauh lebih besar. Sedangkan bagian belakang siluet dari lampu originalnya dibawa ke mobil baru ini. Meskipun bentuk lampu belakangnya sangat berbeda dengan mobil aslinya.

Punya banyak kemiripan dengan Lamborghini hybrid lainnya

Dan bila anda merasa pernah melihat bentuk lampu belakang tersebut sebelumnya, maka anda tidak salah karena lampu belakang tersebut dimiliki oleh Lamborghini Sian FKP 37. Dan bahkan mayoritas mobil ini menggunakan basis dari Sian.

Mulai dari bentuk siluet mobil secara keseluruhan, mesin hybrid yang digunakan meskipun lebih lemah. Dan bahkan interior yang bisa dibilang identik dengan interior Lambo modern yang dimiliki Sian. Lamborghini belum mengumumkan berapa harga dari Countach ini, namun harganya dirumorkan akan lebih dari $1 juta. Apalagi hanya akan ada 112 unit Countach yang akan dibuat dan akan mulai dikirim pada awal 2022 mendatang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!