Kompetisi Balap Skuter Listrik Akan Resmi Diadakan Tahun Depan

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Perlombaan kendaraan listrik memang bukanlah hal baru, dengan adanya Formula E, MotoE, dan bahkan Extreme E. Dan bila balapan tadi masih terasa terlalu konvensional karena menggunakan mobil dan motor maka anda bisa bersiap untuk menyambut lomba balap skuter listrik tahun depan.

Kompetisi tersebut diberi nama eSkootr Champhionship (eSC), yang akan memperlombakan para pembalap dengan mengendarai skuter listrik. Namun skuter yang diperlombakan bukanlah skuter berbentuk motor, melainkan skuter kaki atau kick scooter.

Kompetisi ini nantinya akan menjadi kompetisi skuter elektrik internasional pertama di dunia. Dan meskipun menggunakan skuter listrik, kompetisi ini tidak akan menggunakan skuter listrik hemat tenaga. Karena skuter-skuter listrik ini nantinya dapat melaju hingga lebih dari 100 km/jam.

Mengemudikan motor dengan kecepatan 100 km/jam tentunya sudah cukup menakutkan, apalagi dengan skuter listrik yang jauh lebih mudah kehilangan keseimbangan. Maka dari itu pihak penyelenggara juga menuntut para pembalapnya tetap menggunakan baju balap.

Skuter yang digunakan dalam kompetisi ini juga spesifik menggunakan eSkootr S1x. Skuter listrik ini juga telah didesain untuk bodinya agar lebih aerodinamis. Dan dilengkapi dengan motor listrik 12 kW yang menghasilkan tenaga maksimal sekitar 16 daya kuda.

Tenaga sebesar motor 150 cc tersebut menggerakkan skuter yang hanya memiliki bobot 35 kg dengan baterai kecil 1,33 kWh yang mampu menjalankan skuter listrik ini selama 8-10 menit. Meskipun terlihat lebih beresiko, namun penyelenggara kompetisi ini malah membebaskan siapapun pesertanya.

“Anda tidak perlu menjadi seorang pembalap mobil, gokart, ataupun motor. Kami berpikir bahwa atlet apapun dengan latar belakang olahraga yang menuntut keseimbangan seperti skating, ski, snowboarding, selancar, dll dapat ikut berkompetisisi di eSC” Seperti yang tertulis di dalam website resminya.

Lebih lanjut, Rider Program menuntut para peserta untuk memiliki keatletisan, kemampuan, dan juga kemauan keras untuk berkompetisi di dalam olahraga untuk mencapai tingkat profesional.

eSkootr Champhionship ini nantinya akan memperlombakan sekitar 30 pembalap, dan akan dimulai pada 2022 mendatang.