Kia Pamerkan EV9 Concept. SUV Elektrik 3 Baris yang Moskular

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Bila di Indonesia tengah diadakan GIIAS, maka di Amerika Serikat kini juga tengah diadakan Los Angeles Auto Show atau LA Auto Show. Pabrikan-pabrikan otomotif global pun memamerkan konsep-konsep barunya pada perhelatan ini. Seperti KIA yang membawa konsep SUV elektrik barunya yang diberi nama EV9.

SUV berukuran besar ini memang mampu menampung 3 baris penumpang, dan dibangun di atas platform Electric Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini memang digunakan pada semua kendaraan listrik yang diproduksi oleh KIA dan Hyundai. Dan KIA EV9 ini akan banyak berbagi kesamaan dengan Hyundai IONIQ SEVEN concept.

Membicarakan bentuknya, KIA terlihat mengadopsi gaya boxy dengan garis-garis tegas dan lekukan-lekukan moskular. Hasilnya, mobil ini membawa desain bahasa Digital Tiger Nose mereka ke masa depan dengan bagian depan yang tidak memiliki grille.

Lampu depannya cukup bersembunyi pada lekukan sisi samping wajahnya yang kini dibingkai dengan lampu DRL vertikal berbentuk L. Di sisi samping, lekukan tegas pada fender depan dan fender belakang cukup mencuri perhatian dari bagian pintu yang halus. KIA cukup minim bermain pada bagian belakang yang hanya dihiasi logo KIA, lampu belakang LED pipih, dan bumper dual-tone di bawah.

Masuk ke dalam, interior dari KIA EV9 ini lebih lembut dari eksteriornya. Dengan mayoritas bagian dibalut dengan warna putih dengan aksen hitam dan krom. Dashboard-nya tampil minimalis yang membentang dengan layar informasi pengemudi dan infotainment yang menyatu.

Sebagai mobil masa depan, KIA juga menyematkan teknologi tambahan pada mobil ini seperti bagian kap mesin yang kini dilengkapi dengan panel surya. 6 kursi penumpang yang ada di dalam juga dapat diatur dengan fleksibel. Dimana ketika tidak berjalan, kursi depan bisa diputar ke belakang, dan kursi tengah berubah menjadi meja.

KIA EV9 ini diklaim dapat menempuh jarak 482 km, dan dapat diisi mulai 10% hingga 80% dalam setengah jam saja. KIA berencana akan membawa mobil ini ke produksi pada 2024 mendatang.