Kementerian ESDM Luncurkan Projek Konversi Motor ke Elektrik

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Usaha untuk mempercepat penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau KBLBB memang terus digalakkan. Salah satu cara baru yang dicanangkan adalah konversi dari kendaraan yang sudah ada menjadi kendaraan listrik.

Project konversi tersebut secara resmi dicanangkan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Rabu, 18 Agustus lalu. Dengan target utamanya adalah mengkonversi sepeda motor yang telah ada di jalanan untuk menjadi motor listrik.

“Program ini dapat menjadi pionir dan penggerak bagi penciptaan lapangan pekerjaan serta UMKM baru, ketrampilan baru bagi generasi muda bangsa. Para siswa SMK atau vokasi, teknisi bengkel, dan lainnya,” ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Dalam uji cobanya, projek ini dilakukan di Bengkel Resmi Konversi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan dan EBTKE (P3TKEBTKE/P3Tek), Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Sudah ada 10 sepeda motor yang sudah dikonversi menjadi motor listrik. Dan targetnya ada 90 unit lagi yang berhasil di konversi pada November mendatang. Biaya yang dibutuhkan untuk mengkonversi motor menjadi listrik untuk saat ini berada di kisaran Rp 10 juta.

Pemerintah juga akan meminta Kementrian Perhubungan untuk mulai menerbitkan Sertifikat Bengkel Konversi Sistem Penggerak Motor Listrik pada kendaraan bermotor kepada Badan Litbang Kementerian ESDM serta Sertifikat Uji Tipe motor listrik.

Ke depannya, pemerintah menargetkan agar Indonesia nantinya mampu memiliki 13 juta motor listrik, termasuk hasil konversi pada 2030 mendatang. Arifin juga mengatakan bahwa dirinya mengajak kementrian maupun lembaga lain, pemerintah daerah, BUMN. Dan bahkan pihak swasta termasuk Grab dan Gojek.

Dalam kesempatan yang sama ia juga menjelaskan bahwa tuntutan dunia pada saat ini adalah mengurangi emisi. Sementara Indonesia masih didominasi oleh energi fosil. Padahal Indonesia juga dianugerahi sumber daya energi baru terbarukan, namun masih minim pemanfaatannya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!