Kawasaki Targetkan 10 Model Motor Listrik dan Hybrid pada 2025

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Pertarungan elektrifikasi pada pabrikan motor besar kelihatannya masih belum sepanas para pabrikan mobil. Namun setidaknya beberapa gebrakan besar sudah dicanangkan oleh banyak pabrikan. Salah satunya adalah Kawasaki yang menargetkan bahwa mereka akan berubah menjadi listrik penuh pada 2035 mendatang.

Dikutip dari RideApart, pernyataan tersebut diumumkan resmi oleh Presiden Kawasaki Motors Limited, Hiroshi Ito mengenai masa depan dari perusahaannya. Kawasaki menginginkan pada 2035 mendatang bahwa semua model utama mereka telah menjadi elektrik terutama untuk pasar Jepang, Erupa, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Sayangnya Kawasaki tidak secara jelas menyebutkan model apa saja yang akan mendapat gelombang pertama elektrifikasi. Namun lebih lanjut perusahaan berjuluk ‘Team Green’ ini berencana memperkenalkan 10 model baru berupa motor listrik dan motor hybrid. Hal ini tentunya sejalan dengan informasi sebelumnya yang mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan motor hybrid-elektrik.

Selain itu pabrikan asal Jepang ini juga dikonfirmasi akan berinvestasi pada motor hydrogen atau fuel cell. Yang kemungkinan besar juga akan masuk ke dalam lineup yang akan diperkenalkan pada 2025 mendatang. Kawasaki juga mengatakan bahwa mereka terbuka untuk kemungkinan kerja sama dengan perusahaan lain.

Mayoritas pabrikan motor Jepang kelihatannya cenderung sepakat untuk beralih ke motor listrik. Seperti Honda yang menguasai mayoritas pasar motor dunia juga menargetkan untuk beralih penuh dari mesin kombusi pada 2050 mendatang. Yamaha juga memiliki rencana yang mirip dengan membawa 90% penjualan pada motor listrik pada 2050.

Pabrikan Jepang lainnya, Suzuki juga dikabarkan tengah mengembangkan motor listriknya. Hal ini tentunya memperkuat kemungkinan bahwa nantinya pasar sepeda motor dunia akan berangsur-angsur beralih penuh ke motor listrik. Apalagi di Indonesia sendiri pertumbuhan motor listrik nyatanya lebih tinggi dari pada mobil listrik.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!