Industri Baterai Dalam Negeri Jadi Harapan Mobil Listrik Murah di Indonesia

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Proses adaptasi kendaraan listrik di Indonesia memang tidak selancar dari yang diharapkan. Masalah utama yang dihadapi tentu adalah harga jual baik mobil maupun listrik yang masih mahal. Dan hal tersebut dikarenakan baterai kendaraan yang masih impor.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ida Nuryatin Finahaari juga menyebut mahalnya harga mobil listrik yang tersedia membuatnya hanya bisa diakses oleh kalangan menengah ke atas saja. Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Energy Corner “Special Road to Energy Day” CNBC Indonesia.

Pemerintah sendiri masih terus mendorong proses peralihan ke kendaraan listrik untuk menekan emisi karbon dan dapat lepas dari ketergantungan impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Dan harapan baru kini berada pada produksi baterai dalam negeri.

Ida juga beraharap bahwa ke depanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun pihak swasta dapat mengembangkan industri baterai di dalam negeri. Karena bila ekosistem industri baterainya telah terbentuk maka harga kendaraan listrik dapat ditekan.

Untuk saat ini pemerintah juga sudah memberikan berbagai insentif untuk pengembangan kendaraan listrik. Koordinasi antar kementrian juga terus dilakukan untuk mengoptimalkan pengembangan industri kendaraan listrik lokal.

Evaluasi juga terus dilakukan untuk dapat mengoptimalkan fasilitas apa saja yang dibutuhkan oleh kendaraan-kendaraan listrik yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Yang mana akan disebar sesuai kebutuhan per daerahnya.

“Termasuk standar baterai, misalnya namanya kendaraan roda dua ada swap baterai. Ini kita harap nantinya di mana-mana orang bisa ganti tukar baterai kayak tabung LPG, di mana-mana ada yang jualan dan gampang,” ungkap Ida.

Ida juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga tengah mengevaluasi baterai swap. Dengan harapan nantinya bisa diproduksi di Indonesia agar harganya bisa lebih kompetitif dan terjangkau.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!