Hyundai SEVEN Concept. SUV Medium Elektrik dengan Fitur Otonomus

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Bila pada GIIAS Hyundai memperkenalkan Hyundai Creta sebagai SUV kompak terbarunya, maka pada LA Auto Show Hyundai memperkenalkan SUEV (sport utility electric vehicle) terbarunya yang diberi nama SEVEN Concept. Konsep ini menjadi preview untuk apa yang nantinya akan menjadi versi produksi dari IONIQ 7.

Hyundai SEVEN Concept dibangun lewat E-GMP (Electric-Global Modular Platform) yang merupakan platform bersama milik Hyundai dan KIA, dan juga berbagi banyak kesamaan dengan KIA EV9 yang juga baru diperkenalkan. Meskipun mirip, SEVEN Concept memiliki tampilan yang sangat berbeda ketimbang saudara KIA-nya.

Bila KIA EV9 tampil boxy dan berotot, maka SEVEN Concept tampil lebih elegan dan mewah. Bagian depannya membawa bahasa desain yang sebelumnya diterapkan pada IONIQ 5 dengan permainan LED. SEVEN Concept bahkan mengubah bagian bumper bawah menjadi panel LED yang membentang dari kiri ke kanan. Memungkinkan pemiliknya untuk mengaplikasikan desain apapun ke dalamnya.

Bahasa desain yang sama juga diaplikasikan pada bagian belakangnya. Bahkan LED bar untuk lampu belakang mengelilingi kaca belakangnya yang besar. Sedangkan dari samping, Hyundai SEVEN Concept terlihat panjang dengan pilar A unik yang melengkung hingga ke belakang baris pertama. Desain unik ini juga bertujuan untuk memaksimalkan aerodinamika dari mobilnya.

Interior memang cukup mendapat perhatian karena Hyundai ingin membuat kabin dari mobil ini memiliki volume interior sebesar dan senyaman mungkin. Hyundai bahkan ingin interior dari SEVEN Concept ini terasa seperti ruang santai. Sehingga mereka membuat baris kedua dan ketiga dengan sofa panjang berbentuk L.

SEVEN Concept juga memiliki ‘Universal Island” yang dapat dipasangi berbagai produk elektronik mulai dari kulkas mini hingga penyimpanan sepatu. Sedangkan dashboard-nya dibuat sangat bersih tanpa kemudi karena mobil ini dapat mengemudi sendiri alias otonomus.

Hyundai berencana untuk membawa SEVEN Concept ini ke jalur produksi pada 2024 mendatang. Meskipun nantinya akan ada banyak penyesuaian Hyundai kemungkinan besar akan tetap membawa tampilan unik dari SEVEN Concept ini menuju IONIQ 7.